Search in:

Partisipasi Mahasiswa dan Dosen dalam Acara 3rd International Symposium Toward Halal Global

Rabu (11/ 12/ 2019) Durratun Nafisah, Hamiidatur Rasyidah (mahasiswi prodi Gizi semester 6) dan Al-Ustadzah Hafidhotun Nabawiyah, S.Gz,MPH (dosen Program Studi Gizi Universitas Darussalam Gontor) diundang untuk mempresentasikan abstraknya dalam acara 3rd International Symposium Toward Halal Global yang diadakan di Universita Gadjah Mada Yogyakarta pada hari Selasa, 10 Desember 2019 lalu. Beberapa dosen turut hadir sebagai peserta, serta beberapa dosen dari program studi lain juga ada yang hadir sebagai presenter.

Acara ini dimulai pukul 08.00 – 13.00 WIB dan ditutup dengan sesi perfotoan oleh seluruh peserta. Acara ini dihadiri oleh 18 presenter abstrak dan 41 peserta dari seluruh penjuru Indonesia. Acara ini dibagi menjadi 2 sesi dan diisi oleh 4 pembicara yaitu :

  1. Dr. James Noh dari Korean Institute for Halal Industry yang membahas tentang Halal certification in South Korea and collaboration opportunities
  2. Akhmad Akbar Susuamto, SE., M.Phil., PhD dari Institute for Halal Industry and System UGM yang membahas tentang Domestic Halal Market and Its Potentiality to Support Indonesian Producers to Enter Global Market.
  3. Prof. Dr. Abdul Rohman dari Institute for Halal Industry and System UGM yang berbicara tentang The role of standardized analytical methods in supporting halal certification in Indonesia,
  4. Assoc. Prof. Dr. Kartini Abu Bakar dari UMHRC University of Malaya-Halal Research Centre yang membahas tentang Real-Time PCR Technology for Halal Authentication.

Isu kehalalan merupakan masalah yang banyak dibahas, baik di Indonesia maupun di negara lain. Halal menjelma menjadi sesuatu yang dibutuhkan tidak hanya bagi umat muslim, melainkan juga non muslim. Hal ini disebabkan kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya penggunaan produk halal dalam jaminan keamanan dan kebersihan meningkat secara pesat.

Dalam segi pangan, Indonesia dengan mayoritas penduduk muslim dan perlindungan konsumen akan produk halal melalui undang-undang Jaminan Produk Halal, lantas tak membuat keseluruhan produk -terutama dengan industri mikro- terjamin kehalalannya. Namun masyarakat Indonesia kerap tidak memperhatikan status kehalalan produk sebelum pembelian dengan anggapan perlindungan undang-undang. Hal ini menjadikan kehalalan merupakan suatu masalah yang kurang diperhatikan oleh masyarakat Indonesia karena asumsi publik yang menggeneralisasikan adanya undang-undang

Oleh karena itu Pusat Unggulan Ipteks Perguruan Tinggi Institute for Halal Industry and System Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mengadakan acara 3rd International Symposium Toward Halal Global untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penggunaan produk halal, tidak hanya dalam segi pangan, namun juga segi gaya hidup, kosmetik, obat-obatan, dan lain sebagainya. (Durottun)

One thought on “Partisipasi Mahasiswa dan Dosen dalam Acara 3rd International Symposium Toward Halal Global

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *