Search in:

MASIH MAU TIDUR SETELAH SUBUH ?? SIMAK DAMPAK NEGATIF BERIKUT!

Tidur setelah subuh atau tidur dipagi hari merupakan hal yang sangat dinanti bagi kebanyakan orang yang begadang malam karena banyaknya pekerjaan, tugas keasikan nonton, menghabiskan bonus kuota midnight, ataupun lupa waktu ketika bermain game. Padahal, tidur dipagi hari memiliki banyak dampak negative seperti dapat merusak kesehatan dan dampak negative lainnya.

Jika ditinjau dari segi agama islam, tidur setelah subuh dapat menghambat datangnya rezeki. Menagapa demikian? Karena waktu pagi merupakan waktu penuh berkah. Dari sahabat Shakr Al-Ghamidiy radhiyallahu ‘anhu, Nabi Muhammad SAW bersabda,

“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya”. Apabila Nabi mengirim peleton pasukan, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengirimnya pada pagi hari. Sahabat Shokhr sendiri (yang meriwayatkan hadits ini) adalah seorang pedagang. Dia biasa membawa barang dagangannya ketika pagi hari. Karena hal itu dia menjadi kaya dan banyak harta. Abu Daud mengatakan bahwa dia adalah Shokhr bin Wada’ah (HR.Abu Daud, no. 2606).

Ibnu Qoyyim Al-Jauziyah berkata: tidur setelah subuh mencegah rezeki, karena waktu subuh adalah waktunya makhluk mencari rezeki mereka dan waktu dibagikannya rezeki, tidur setelah subuh adalah suatu hal yang dilarang kecuali ada keperluan.

Sedangkan bila ditinjau dari segi medis, tidur setelah subuh/ tidur pagi dapat berbahaya bagi kesehatan, karena tidur sangat penting bagi kesehatan fisik serta mental. Berikut ini beberapa dampak negative dari tidur setelah subuh dari pandangan medis yang dikutip dari beberapa penelitian dan Alo dokter:

1. Diabetes Mellitus

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kurang tidur di malam hari atau kebiasaan tidur di pagi hari, atau bahkan tidur terlalu lama dapat merusak system metabolism tubuh karena pada pagi hari merupakan waktu untuk tubuh mendapatkan sumber energy (melalui sarapan) dan dapat memicu meningkatnya risiko terkena diabetes.

Tubuh akan kesulitan mengendalikan kadar gula darah karena rusaknya system metabolism, sehingga tubuh terkena diabetes. Selain itu, penderita diabetes mudah lesu dan mengantuk di pagi hari disebabkan karena produksi insulin yang rendah, sehingga tubuh tidak mampu mengubah gula darah menjadi energy.

2. Obesitas

Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat membuat berat badan meningkat. Hal ini diduga karena kurang tidur dapat membuat nafsu makan meningkat, sehingga orang akan cenderung makan lebih banyak ketika kurang tidur.

3. Penyakit Jantung dan Pembuluh darah

Sering tidur pada pagi hari dan kurang tidur dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti serangan jantung dan stroke. Kurang tidur dapat meningkatkan tekanan darah dan peradangan dalam tubuh. Kedua hal inilah yang akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

4. Mudah Lupa dan Sulit Berkonsentrasi

Waktu tidur yang kurang dapat menyebabkan seseorang menjadi sulit untuk mengingat/ lupa. Karena saat tertidur, tubuh beristirahat dan memperbaiki sel- sel dan jaringan otak. Apabila seseorang kurang tidur, maka jaringan otaknya akan kekurangan oksigen serta energy sehingga dapat menjadi mudah lupa.

Selain mudah lupa, kurang tidur yang berkualitas dapat menyebabkan seseorang akan lebih sulit untuk focus bekerja atau belajar, sehingga dapat menurunkan produktivitas saat bekerja ataupun belajar.

5. Mood Mudah berubah dan Peningkatan Stress

Kurangnya tidur di malam hari dalam jangka yang panjang dapat menyebabkan perubahan mood, membuat emosi seseorang menjadi kurang stabil, bahkan peningkatan stress. Berdasarkan penelitian Miftahul, dkk (2019) tidur di pagi hari dapat meningkatkan kecemasan dan stress mahasiswa.

6. Peningkatan Risiko Kanker

Orang yang sering tidur pagi memiliki risiko terkena kanker lebih tinggi. Hal tersebut didukung beberapa studi yang menyebutkan bahwa sebagian pasien kanker memiliki kebiasaan sering begadang atau yang tidur kurang dari 7 jam.

Salah satunya adalah kanker hati, berdasarkan situs resmi UGM FK bagian Radiologi, bahwa penelitian para dokter di National  Taiwan Hospital menemukan bahwa tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang merupakan penyebab utama kerusakan hati.

(Salma Auliya Fatimah_Farmasi_ed Nur)

3 thoughts on “MASIH MAU TIDUR SETELAH SUBUH ?? SIMAK DAMPAK NEGATIF BERIKUT!

mobile legends hack

Excellent post. I was checking constantly this blog and I’m impressed!

Extremely useful information specially the last part 🙂 I care for such information much.

I was looking for this particular information for a very long time.
Thank you and good luck.

Reply
cbd

Thank you, I have recently been looking for information about this subject for
a while and yours is the best I have found out so far.

But, what about the bottom line? Are you sure about the supply?

Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *