Search in:

Dadih (Yogurt Sumatera)

Sumatera Barat telah lama dikenal karena kekayaan kulinernya. Salah satu kawasan yang kaya akan kuliner unik adalah segitiga Agam – Tanah Datar – Lima Puluah Koto yang dikenal dengan “Luhak Nan Tigo”. Konon, dari sinilah dadih berasal. Sama seperti yogurt, dadih diperoleh dari hasil fermentasi susu. Bedanya, yogurt didapat dengan memasukkan bakteri baik ke dalam susu, sementara dadih didapat dengan menyimpan susu di dalam bambu yang kemudian ditutup rapat. Bambu inilah yang membantu proses fermentasi, teman-teman. Susu yang digunakan untuk membuat dadih adalah susu kerbau segar. Sedikit berbeda dengan yogurt, dadih memiliki tekstur kenyal seperti agar-agar.

Selain dimakan begitu saja, dadih juga dimakan sebagai lauk nasi. Biasanya dadih disantap bersama sambalado, bawang, dan sirih. Sirih berfungsi untuk menghilangkan aroma asam atau amis yang dihasilkan saat proses fermentasi. Hasilnya Rasa asam – pedas yang segar. Kebiasaan menyantap dadih dengan cabai dan bawang merah hampir mirip dengan kebiasaaan orang Persia yang menyantap susu fermentasi dengan bawang merah dan mentimun. Sekarang, dadih lebih dikenal sebagai menu sarapan yang biasanya disajikan dengan ampiang dan cairan gula merah. Ampiang adalah panganan berbentuk pipih seperti emping yang berasal dari beras ketan merah yang masih baru dari sawah. Beras ketan merah tersebut disangrai kemudian ditumbuk hingga pipih.

Cara Membuat Dadih

Untuk membuat dadih, diperlukan susu kerbau segar yang telah disaring terlebih dahulu. Cairan susu kemudian ditampung dalam ruas bambu yang telah dipotong-potong dengan panjang sekitar 20–30 centimeter. Kemudian, ujung bambu ditutup dengan daun pisang atau daun waru dan didiamkan dalam suhu ruang selama 2–3 hari.

Selama proses fermentasi, susu kerbau yang semula cair akan mengental. Jika sudah membeku, dadih tidak kan tumpah karena melekat pada bambu. Maka tak heran jika kemudian aroma dadih merupakan campuran antara aroma susu dan bambu. Karena berasal dari bahan dan proses alami, dadih tidak tahan lama. Dadih paling baik disantap dalam waktu satu minggu sejak pertama susu dimasukkan ke dalam bambu.

Kandungan Gizi Dadih

Seperti hasil fermentasi susu lainnya, dadih banyak mengandung protein, lemak, kalsium, dan karbohidrat. Selain itu, dadih diyakini dapat mencegah penyakit seperti diare dan keracunan.

Ara ed Fikosa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *