Search in:

Manfaat dan Cara Konsumsi Chia Seed yang Perlu Kamu Tahu

Pada tahun 2009 chia seed disetujui sebagai sumber pangan baru oleh Parlemen Eropa dan Dewan Eropa, namun di Indonesia chia seed baru populer beberapa tahun belakang ini. Teman Sehat juga pasti sudah enggak asing lagi dengan biji-bijian yang sering dicampur dengan makanan lezat seperti yoghurt dan smooties ini. Chia seed sering digadang- gadangkan bisa membantu teman-teman untuk menurunkan berat badan. Tapi Teman Sehat tahu enggak manfaat lain dari biji-bijian ini?

Sejarah & Karakteristik

Tanaman chia seed berasal dari Amerika Tengah, khususnya Meksiko dan Guatemala. Chia seed mengandung protein (15–25%), lemak (30–33%), karbohidrat (26–41%), serat (18–30%), dan mineral (4–5%). Biji chia juga mengandung asam lemak omega 3 (asam linolenat) sebesar 17,83%.

Sifat khas yang dimiliki oleh chia seed adalah kemampuannya untuk membentuk lapisan gel jika terkena air. Lapisan ini bisa mengembang hingga 12 kali ukuran aslinya, bahkan bisa lebih mengembang lagi saat berada di dalam perut. Hal inilah yang menimbulkan sensasi kenyang saat dikonsumsi, sehingga dianggap dapat menurunkan jumlah makanan yang kita konsumsi dan menurunkan berat badan. Namun, bukan berarti jika kita mengkonsumsi biji ini berat badan kita dijamin langsung berkurang yaa, karena disini chia seed hanya membantu kita merasa lebih kenyang. Kita tetap harus mengatur asupan makan dan juga dibarengi dengan olah raga rutin.

Tidak ada batasan untuk mengkonsumsi chia seed, namun karena chia seed bisa mengembang dalam perut maka tidak disarankan untuk mengkonsumsi chia seed terlalu banyak sekaligus karena dapat menyebabkan kembung, cukup 1-2 sendok makan sekali makan.

Sumber : Pixabay.com

Chia seed bisa dikonsumsi dengan mencampurkannya ke makanan kering atau basah. Teman Sehat bisa menaburkan chia seed ke dalam oatmeal, yoghurt, sereal, atau smooties lalu aduk hingga mengembang dan kenyal. Atau jika ingin chia seed tetap renyah kalian bisa mencampurkannya ke dalam salad atau sekedar ditaburkan di atas puding dan roti isi.

Manfaat

Chia seed ini punya banyak manfaat selain untuk membantu menurunkan berat badan, lho. Apa sajakah itu?

1. Mengontrol Gula Darah

Chia seed sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes karena mampu memperlambat perubahan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh menjadi gula sederhana, yang mana hal itu dapat mengontrol gula darah.

2. Mencegah Konstipasi

Chia seed dapat melancarkan buang air besar karena kandungan seratnya dan kemampuannya menyerap air, sehingga dapat melancarkan metabolisme dan melancarkan proses pencernaan dan buang air besar.

3. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan salah satu faktor penyebab banyak penyakit seperti kanker, gangguan organ tubuh, diabetes, gangguan syaraf dan otak, serta penuaan dini. Hal ini dapat diatasi dengan antioksidan yang terkandung dalam chia seed. Beberapa antoksidan yang terkandung dalam chia seed contohnya adalah quercetin, asam ferulic, dan asam caffeic.

4. Sumber Protein Tambahan

Kandungan protein dalam 100 gr chia seed adalah sebanyak 16,54gr atau 30% pemenuhan protein harian. Hal ini sangat bagus terutama bagi vegetarian yang tidak mendapatkan protein dari makanan hewani, chia seed dapat menjadi alternatif sumber protein tambahan dalam makanan.

Dan masih banyak lagi manfaat lain dari chia seed. Bagaimana? Tertarik untuk mengkonsumsi biji berjuta manfaat ini? (Vani)

5 thoughts on “Manfaat dan Cara Konsumsi Chia Seed yang Perlu Kamu Tahu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *