Search in:

Suka Konsumsi Salad? Ini manfaat Selada

Selada atau dalam bahasa ilmiah adalah Lactuca sativa merupakan salah satu sayuran yang sering digunakan untuk pendamping makanan. Baik dalam pembuatan salad ataupun yang sebagainya. Pengkonsumsian selada ini sendiri didukung oleh panen selada yang terhitung banyak dan luas, baik di daerah tropis maupun beriklim sedang. Seladapun dapat memberikan sentuhan segar dalam makanan, karena dari sisi warna, tekstur dan aromanya.

fresh salad with tomato and onion

Selain mineralnya yang tinggi, terdapat juga kandungan gizi pada selada 100 gr adalah sebagai berikut (Wicaksono, 2008) :

Kalori              15 kkal
Protein 1,20 gr
Lemak 0,2 gr
Karbohidrat 2,9 gr
Ca 22,00 mg
P 25 mg
Fe        0,5 mg
Vitamin A 540 SI
Vitamin B 0,04 mg, dan
Air       94,80 g

Sayur yang digemari dalam bentuk teman makan (lalapan) disantap dengan kondisi yang segar. Memberikan rasa, aroma yang lebih nikmat dalam sebuah hidangan. Bagi seseorang yang masih sulit dalam pengkonsumsian sayur dapat dicoba mulai dari selada. Bisa dikombinasikan dalam roti lapis, salad sayur, teman untuk nasi goring dsb. Begitu juga kalori yang rendah, dan kandungan air yang banyak menjadi alasan yang bagus untuk seseorang yang sedang menjalani diet. (Laila)

Sumber :

Wicaksono, A. 2008. Penyimpanan Bahan Makanan Serta Kerusakan Selada. Politeknik Kesehatan Yogyakarta.

5 thoughts on “Suka Konsumsi Salad? Ini manfaat Selada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *