Search in:

Kenali Alergi Makanan dan Penyebabnya

Food Alergy atau alergi makanan merupakan respon abnormal terhadap makanan yang terjadi oleh system kekebalan imun tubuh. Yang mana tubuh memproduksi jenis antibodi yang spesifik atau disebut juga dengan immunoglobulin E (IgE).alergi makanan terjadi ketika system merespon makanan yang tidak berbahaya seolah-olah itu adalah ancaman.

Kejadian alergi makanan dipengaruhi oleh genetic, umur, jenis kelamin, pola makan, jenis makanan awal, jenis makanan, dan factor lingkungan. Penyakit alergi merupakan kronik yang umumnya terjadi pada anak-anak dan dewasa.

Berikut tanda-tanda gejala alergi makanan .

  • Pembengkakan pada lidah, mulut atau wajah
  • Sulit bernafas
  • Tekanan darah rendah
  • Muntah
  • Diare
  • Gatal-gatal

Bahan yang mengandung protein susu sapi

MentegaKeju cottageLactoglobulin
ButtermilkHydrolysae caseinLactose
CaseinHydrolysate protein susuLactulose
KejuSusu kambingSusu sapi bubuk
CreamLactalbuminCream asam
 YoghurtWhey
Dikutip dari Burks WA, 1998 (Pediatri, Sari.2001)

Susu Sapi terdiri dari kurang lebih 25 macam protein yang memproduksi antibodi spesifik pada manusia. Casein dan whey merupakan antigen yang tersering pada susu sapi. Whey terdiri dari b-laktoglobulin, a-laktalbumin, bovin serum albumin dan bovin gamaglobuli. Dalam hal makanan tidak dapat diduga berapa banyak protein yang diserap dan beberapa lama kontak dengan system imun serta beberapa cepat alergen yang dimakan.

Bahan makanan yang mengandung protein telur

AlbuminKuning telur
TelurMayones
Pengganti susuOvalbumin
Putih telurOvornukoid
Dikutip dari Burks WA, 1998 (Pediatri, Sari.2001)

Bahan makanan yang mengandung kacang mete

Kacang Kedele MisoHidrolisat Soya Protein
Saus SoyaPenyedap Alamiah
Tempe 
Tahu 
Dikutip dari Burks WA, 1998 (Pediatri, Sari.2001)

Bahan makanan yang mengandung protein kacang

Minyak kacangPermen
Kacang tanahCokelatt
Mixed nutsCookies
Peanut butter 
Peanuts flour 
Dikutip dari Burks WA, 1998 (Pediatri, Sari.2001)

Kemungkinan makanan yang kita makan secara rutin akan menyebakan seseorang terkena alergi terhadap makanan. Di Jepang, contohnya : alergi beras lebih sering daripada di Amerika Serikat, dan di Skandinavia, alergi Ikan Cod lebih umum daripada di Amerika Serikat.

Langkah Tes Alergi makanan :

  1. Diet Harian

Kesehatan anda tidak dapat didiagnosis berdasarkan riwayat kesehariannya. Hal ini, dapat diatasi dengan mencatat apa saja yang anda makan dan apakah makanan tersebut memiliki dampak atau reaksi apa yang terjadi setelah makan makanan tersebut. Dengan adanya catatan harian ini, maka dapat diidentifikasi pola makan yang konsisten.

  1. Elimination Diet

Langkah ini biasanya digunakan oleh beberapa ahli kesehatan dan terbatas, dimana makanan yang menyebabkan adanya reaksi alergi keluar saat anda melakukan diet ini. Misalnya : anda mencurigai alergi telur, ahli kesehatan akan mengintruksikan untuk menghilangkan makanan tersebut dari diet anda. Elimination Diet ini dilakukan dibawah arahan ahli kesehatan.

  1. Skin Prick Test

Apabila riwayat anda dengan melakukan diet harian, Elimination Diet  menunjukkan kemungkina alergi tertentu, maka ahli kesehatan anda akan menggunakan Skin Prick Test untuk mengonfirmasi diagnosis. Dengan Skin Prick Test ini, ahli kesehatan akan menggunakan jarum untuk menempatkan sedikit ekstrak makanan tepat di bawah permukaan kulit di lengan atau dibawah punggung anda. Jika anda alergi, maka akan terjadi pembekakan atau kemerahan di permukaan tersebut. Tes ini cukup sederhana dan aman, hasilnya akan keluar beberapa menit.

  1. Tes Darah

Ahli kesehatan akan mengambil sampel darah untuk diukur kadar antibodi IgE khusus makananan, seperti halnya skin prick test, dengam melakukan tes darah ini tidak selalu berarti anda memiliki alergi makanan. Ahli kesehatan akan menggabungkan hasil tes ini dengan informasi riwayat anda terhadap makanan dan membuat diagnosis yang akurat.

Pencegahan dan pengobatan alergi makanan sampai saat ini tidak ada obatnya, yang dapat anda lakukan hanyalah mencegah gejala alergi makananan dengan menghindari makanan yang menyebabkan alergi. Membaca daftar bahan pada label setiap makanan instan yang akan anda konsumsi.

Referensi :

National Institute of Allergy and Infection Diseases Health Information. 2010. Food Allergy an Overview. Hal : 4-22. U.S.

Burks WA, 1998. Pediatri, Sari.2001.Alergi Makanan Pada Bayi dan Anak. Jurnal Vol. 3 No.3. Hal : 168-174

Candra, Yolanda et all. 2011. Gambaran Sensitivitas Terhadap Alergi Makanan. Jurnal Makara Kesehatan Vol.15 No.1. Hal : 44-49

NH

5 thoughts on “Kenali Alergi Makanan dan Penyebabnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *