Search in:

Ciplukan Berkhasiat

Siapa yang tidak kenal buah ciplukan yang sering kita jumpai di pinggiran jalan, di sawah, dll ini berkhasiat untuk kesehatan. Mungkin Anda mengenalnya dengan nama yang berbeda di daerah kalian. Yuk simak lebih lanjut.

Apa sih buah ciplukan itu?

Ciplukan atau ceplukan (Physalis peruviana L.) adalah tanaman semusim berupa herba dari famili Solanaceae yang berasal dari Amerika Latin. Nama lain dari ciplukan antara lain cape gooseberry, uvilla, ras bhari, aguanymanto, topotopo (Yildiz et. al., 2015).

Sumber : wikipedia

Manfaat Buah Ciplukan

Semua bagian dari tanaman ciplukan baik dari batang, akar, daun dan buah dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk beberapa penyakit seperti asma, penyakit ginjal, gangguan kandung kemih, hepatitis, asam urat, inflamasi, kanker, masalah gastrointestinal, rematik dan diabetes melitus (Zhang et al., 2013). Ciplukan berpotensi menjadi antidiabetes dan antihipertensi karena mengandung senyawa antioksidan (Ahmed, 2014).

Buah ciplukan (Physalis angulate L.) yang bisa dijadikan alternative dalam mengobati hyperglikemia dan menurunkan kadar SGPT dan SGOT (Nur et al., 2016)

Kandungan Buah Ciplukan

Beberapa penelitian menyatkan bahwa jus ciplukan mengandung aktivitas antioksidan seperti polifenol serta vitamin A dan C yang berperan sebagai pencegah kerusakan peroksidatif terhadap mikrosom hati dan hepatosit. Selain itu, terdapat senyawa karotenoid yang terdiri dari karotenoid utama sebesar 76,8%, 9-cis karoten 3,6% dan semua jenis trans-cryptoxanthin 3,4% (Rop et al., 2012 ). Penelitan yang dilakukan Ramadhan (2011) menyatakan bahwa minyak dari ciplukan kaya akan senyawa phytosterol (campesterol, sitosterol, dan stigmasterol) yang mempunyai efek antioksidan pada hiperkolesterolemia.

Jus Ciplukan Sumber : Pinterest

Namun pada kenyataanya, masyarakat belum banyak yang mengetahui tentang manfaat buah ciplukan. Mereka hanya beranggapan bahwa tanaman tersebut merupakan gulma yang hanya mengganggu tanaman lainya. Padahal, Allah telah berfirman dalam surat Az-Zumar ayat 21 tentang keharusan untuk mengamati segala ciptaan Allah yang bermanfaat bagi manusia. Salah satunya adalah dengan meneliti buah-buahan liar seperti ciplukan yang dianggap sebelah mata oleh masyarakat, guna menjadi solusi permasalahan kesehatan dimasa yang akan datang.

Daftar Pustaka :

Nur et al., 2016. PENGARUH EKSTRAK BUAH CIPLUKAN (Physalis angulata L.) TERHADAP KADAR SGPT DAN SGOT MENCIT PUTIH JANTAN (Mus musculus) HIPERGLIKEMIA YANG DIINDUKSI ALOKSAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. No. 2 Vol. 2. Hal: 181

Baca juga :

Si Cantik, Buah Tomat Kaya Manfaat

Buah Cranberry dengan Segudang Manfaat

Buah Delima dalam Surat Al-An’aam

JAVA PLUM ( Si Kecil Hitam Buah Kampung yang kaya akan Manfaat bagi Kesehatan )

Pengaruh Buah Pisang Terhadap Kelelahan

Labu Kuning buah Penolong Nabi

Fiki ed NH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *