Search in:

MPASI untuk Bayi

Periode emas dalam dua tahun pertama kehidupan anak dapat tercapai optimal apabila ditunjang dengan asupan nutrisi tepat sejak lahir, ASI adalah satu-satunya nutrisi bayi berperan penting untuk tumbuh dan berkembang. Setelah enam bulan, bayi diberikan makanan pendamping atau lebih dikenalnya MP-ASI guna untuk memenuhi kebutuhan gizi selain ASI.

Apa sih sebenarnya MP-ASI itu?

Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) adalah makanan atau minuman selain ASI yang mengandung zat gizi yang diberikan kepada bayi selama periode penyapihan (complementary feeding) yaitu pada saat makanan/minuman lain diberikan bersama pemberian ASI (WHO) (Asosiasi Dietisien Indonesia, 2014).

Sumber : Pixabay

Fungsi MP-ASI untuk Bayi

1. Mengenalkan jenis makanan baru,

2. Mencukupi kebutuhan nutrisi yang tidak lagi dapat dipenuhi oleh ASI,

3. Membentuk daya pertahanan tubuh dan perkembangan sistem imunologis terhadap makanan maupun minuman.

Pengaturan makanan baik untuk pemeliharaan, pemulihan, pertumbuhan, serta aktifitas fisik. Hal tersebut harus diperhatikan, mengingat ssia 0-24 bulan merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat, sehingga sering diistilahkan sebagai peride emas sekaligus periode kritis.     

Menurut Depkes RI (2006), periode emas dapat diwujudkan apabila pada masa ini bayi dan anak memperoleh asupan gizi yang sesuai untuk tumbuh kembang optimal. Sebaliknya apabila bayi dan anak pada masa ini tidak memperoleh makanan sesuai kebutuhan gizinya, maka periode emas akan berubah menjadi periode kritis yang akan mengganggu tumbuh kembang bayi dan anak, baik pada saat ini maupun masa selanjutnya.

Kira kira bahan apa sih yang dapat digunakan untuk membuat MPASI?

1.Ubi

Ubi merupakan salah satu sumber karbohidrat, untuk pengolahannya sendiri ubi tergantung mudah yaitu dengan cara dikukus kemudian dihaluskan hingga menjadi bubur agar sesuai dengan pencernaan si kecil. 

2.Beras

Beras merupakan bahan yang sangat tidak asing tentu aja, karena beras termasuk makanan utama bagi kita. Membuatnya pun mudah. Cukup dengan merebus sedikit nasi dengan air hingga menjadi bubur lembut, kemudian dapat dipadukan dengan bahan lain seperti sayuran dan sumber protein.

3.Buah

Buah yang umum digunakan untuk MP-ASI adalah buah pisang dan pepaya. Pengolahannya menyesuaikan umur sang buah hati. Untuk usia 6-8 bulan sebaiknya diberikan dalam bentuk sari buah. Sedangkan di atas usia 9 bulan bisa dicincang halus. Selain dua buah diatas buah yang dapat digunakan pun bebas asalkan tidak terlalu asam, agar sang buah hati tidak kaget.

4.Sayur

Wortel dan bayam bisa dipilih untuk sumber sayuran. Prinsipnya sih cari sayuran yang memiliki tekstur lembut. Pengolahannya? Wortel bisa diparut dan bayam bisa dicincang halus sebelum dimasak dengan bahan lain seperti beras atau labu.

5.Ayam dan Daging

Untuk mendapatkan protein untuk MP-ASi bisa dengan daging ayam ataupun daging sapi yg direbus dan dicincang atau dihaluskan dengan bahan lain.

Sudah siapkah memproduksi makanan sehat untuk anak kamu nantinya? Mari produksi MP-ASI di rumah. Selain bisa memberikan makanan yang bergizi, kamu juga bisa memastikan keamanannya. MP-ASI juga bisa membantu si kecil mengenal variasi makanan.

Ardhiani ed NH

Baca juga artikel :

Madu untuk Bayi. Amankah ?

Manfaat Kurma untuk Ibu Menyusui

Referensi :

Mufida et al., 2015. PRINSIP DASAR MAKANAN PENDAMPING AIR SUSU IBU (MP-ASI) UNTUK BAYI 6 – 24 BULAN: KAJIAN PUSTAKA. Jurnal Pangan dan Agroindustri Vol. 3 No 4. Hal. 1647

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *