Search in:

LEMAK BAIK VS LEMAK JAHAT

“Lemak”, merupakan satu kata yang tidak asing untuk didengar. Seringkali “Lemak” dianggap dan dipandang sebagai suatu hal yang tidak baik dan harus dihindari. Lemak dianggap bertanggungjawab atas resiko obesitas, diabetes, peningkatan kolesterol darah dan penyakit jantung. Namun, taukah kalian bahwa terdapat lemak baik yang membantu mengurangi kolesterol darah dan mengurangi resiko jantung?(1). Yuk kenali bahan makanan sumber lemak baik dan lemak jahat.

1.Lemak Baik

Lemak baik bersumber dari bahan makanan yang mengandung lemak tidak jenuh, yaitu lemak tak jenuh tunggal yang disebut (MUFA) ataupun lemak tak jenuh ganda yang disebut (PUFA). MUFA dan PUFA dapat membantu menurunkan kolesterol LDL  dan mengurangi risiko penyakit jantung (1).

Sumber : halosehat.com

MUFA terutama ditemukan dalam minyak zaitun, olive oil, kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang tanah, alpukat dan biji wijen (1)&(2). Sebuah penelitian pada orang yunani di wilayah mediterania, mengungkapkan bahwa tingat penyakit jantung rendah, dimana mereka sering mengonsumsi lemak tak jenuh(3).

PUFA ditemukan dalam bahan makanan sumber omega 3 yaitu ikan berlemak seperti salmon, herring, sarden, walnut dan minyak canola danmakanan sumber omega 6 yaitu minyak nabati seperti minyak jagung, minyak biji bunga matahari, minyak wijen,  dan biji bijiannya seperti biji bunga matahari, biji wijen dan biji labu (1). James dalam penelitiannya mengatakan bahwa konsumsi makanan sumber PUFA dapat mengurangi obesitas dan meningkatkan kesehatan jantung(2).

2.Lemak Jahat

Lemak jahat bersumber dari bahan makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans (1). Lemak jahat dapat  meningkatkan tingkat kolesterol LDL dan meningkatkan resistensi insulin penyebab diabetes (3).

Lemak jenuh ditemukan dalam lemak hewan seperti daging sapi, domba, ayam, kulit unggas, sayap ayam, dan  produk susu tinggi lemak: keju, mentega, susu murni, minyak kelapa, minyak kelapa sawit, minyak inti sawit, cocoa butter. Asam lemak trans ditemukan dalam mentega, margarin dan olahannya, gorengan serta makanan cepat saji. Lemak tran adalah jenis lemak terburuk, bahkan lebih buruk dari lemak jenuh. Lemak tran dapat berdampak pada kesehatan terutama kesehatan jantung kita (1)

DAFTAR PUSTAKA

1.Banik S, Hossain MS. A comparative overview on good fats and bad fats : guide to control healthy body. Int J Heal. 2014;2(2):41–4.

2.Dinicolantonio JJ, O’Keefe J. Good Fats versus Bad Fats : A Comparison of Fatty Acids in the Promotion of Insulin Resistance , Inflammation , and Obesity. Mo Med. 2017;(August):303–7.

3.Mustafa S, Sadaqat H, Saleem H. Good fats vs bad fats : an insight on the utilization of fats. Med Crave. 2019;9(4):112–4.

Lulu ed NH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *