Search in:

Mengenal jenis tomat dan cara mengolahnya

Jenis tanaman satu ini tidak asing asing didengar ditelinga masyarakat. Deskripsi dari tanaman tersebut yakni bentuknya bulat, warnanya merah dan rasanya agak asam. Tanaman tersebut dikenal dengan nama tomat. Di pasaran tomat memiliki berbagai macam jenis dari bentuk kecil maupun sedang. Masing-masing tomat menyimpan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

Setiap jenis tomat memiliki keunikan dalam segi cita rasa, aroma dam tekstur sehingga tidak semua jenis tomat cocok dijadikan sebagai bahan makanana untuk disantap. Sebagian jenis tomat hanya hanya cocok dijadikan sebagai campuran salad. Ada juga tomat yang hanya cocok untuk dicampurkan dengan sayuran lain, namun tidak cocok untuk dimakan mentah. Oleh karena itu, untuk mendapatkan manfaat tomat secara utuh kamu perlu mengenali jenis tomat dengan berbagai cara pengolahannya yang tepat.

1.Tomat Ceri

Sesuai dengan namanya tomat ceri memiliki ukuran layaknya buah ceri yaitu agak lonjong dan banyak mengandung air. Satu buah tomat ceri memiliki berat rata-rata 10-20 gram, sedangkan untuk warnanya adalah merah cerah. Satu tomat ceri dengan berat 17gram mengandung 3 kalori dan juga sejumlah vitamin dan mineral. Tomat ceri lebih banyak digunakan untuk campuran masakan sejenis tumis-tumisan, campura salad, garnis dan bisa langsung dikonsumsi langsung dalam keadaan segar.

2.Tomat Plum

Kenampakan buah tomat plum mirip dengan buah plum yaitu lonjong, berdaging tebal dan juga banyak mengandung air. Rasa buah tomat jenis ini lebih asam disbanding tomat ceri. Biasanya tomat plum lebih sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuat sambal, sup, tumis, jus dan lain-lain. Di beberapa daerah tomat plum disebut rampai.

3.Tomat Beef

Ciri-ciri tomat beef yaitu berukuran jumbo, permukaan kulitnya tidak halus dan memiliki banyak lipatan sehingga tampak seperti buah labu. Satu tomat beef berat 182 gram mengandung 33 kalori dan 2 gram serat.Rasa tomat beef adalah sedikit masam tetapi sangat baik digunakan sebagai sayuran dan garnis. Tomat beef biasanya dijadikan sebagai bahan isian sandwich  karena ukurannya yang lebar mampu membungkus bagian daun selada atau daging. Selain itu tomat beef bisa juga diolah untuk pembuatan saous karena rasanya ringan dan berair.

4.Tomat Hijau

Tomat jenis ini dipanen sebelum matang sehingga warna buahnya masih hijau. Rasa buah ini lebih asam disbanding jenis tomat lainnya, memiliki kandungan air lebih sedikit sebab usianya yang lebih muda dan kulit buahnya lebih kaku sehingga saat proses pemasakannya tidak mudah lembek dan layu.

Satu tomat hijau berukuran 123 gram mengandung 28 kalori.  Perlu diketahui tomat hijau mengandung alkaloid yang lebih tinggi daripada tomat matang, yang membuatnya sulit dicerna Kelebihan konsumsi tomat hijau dapat menyebabkan masalah gastrointestinal. Tomat hijau biasanya diolah sebagai bahan pembuat sambal hijau dan juga untuk campuran olahan tumisan.

5.Tomat Globe

Tomat globe memiliki ukuran tidak terlalu besar dengan bentuk seragam. Adapun rasa buahnya tidak terlalu asam. Jenis tomat ini biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan makanan utama berupa burger, sandwich dan salad.

6.Tomat Campari

Ukuran tomat Campari lebih besar disbanding tomat ceri dan lebih kecil dari tomat plum, sedangkan bentuk bulat seperti tomat globe. Tomat ini biasa disebut tomat koktail karena biasanya dijual beserta tangkainya. Jenis buah satu ini sering digunakan sebagai campuran salad.

Mau pilih jenis tomat yang mana pun tergantung selera dari masing individu yang akan membuat hidangan masakan. Jadi pastikan selalu tomat yang akan digunakan untuk memasak selalu terjaga kesegarannya dan kebersihannya dan jangan lupa untuk selalu bersykur. Sungguh besar kuasa Allah SWT yang sudah menciptakan tumbuhan untuk kebutuhan hidup manusia.

DAFTAR PUSTAKA

Lubis, E. R. (2020) Bercocok Tanam Tomat Untuk Melimpah. Bhuana Ilmu Populer: Jakarta.

Shoemaker, S. (2019) 7 Popular Types of Tomatoes (and How to Use Them), www.healthline.com. diakses pada tanggal 14 September 2020

Indahtul ed NH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *