Search in:

Rempah-rempah bermanfaat bagi tubuh

Di Indonesia, sejak jaman nenek moyang kita, rempah-rempah tidak hanya digunakan untuk bumbu masakan, namun juga digunakan untuk pengobatan dan digunakan untuk kesehatan tubuh. Banyaknya manfaat yang didapatkan dari rempah-rempah juga menjadi salah satu alasan mengapa Indonesia diperebutkan oleh negara-negara lain bahkan sampai menjajah Indonesia. Manfaat yang diberikan oleh rempah-rempah ini dikarenakan adanya bahan kimia menyehatkan bernama phytochemical yang terkandung di dalamnya.

Berbagai jenis rempah-rempah memiliki manfaat yang berbeda-beda, apa saja kah itu?

Kayu Manis

Kayu manis biasanya dimanfaatkan untuk menambah citarasa pada roti atau kue. Selain memberikan rasa yang khas, kayu manis juga memiliki banyak khasiat karena mengandung senyawa cinnamaldehyde. Kayu manis bermanfaat untuk mengurangi gejala peradangan seperti bengkak. Kayu manis juga terkenal karena berkhasiat untuk mengendalikan gula darah. Rempah ini bekerja dengan memperlambat pencernaan karbohidrat serta meningkatkan sensitivitas hormon insulin.

Kunyit

Kandungan kurkumin di dalam kunyit memiliki efek antioksidan dan antiradang yang baik bagi kesehatan tubuh. Kunyit juga dapat digunakan untuk menyembuhkan pilek, mengobati bekas luka, meringankan gejala arthritis, mengurangi kolesterol, mencegah kanker, memelihara fungsi hati dan otak, serta mengatasi infeksi.

Baca juga Kunir Asem, Minuman Tradisional Yang Kaya Manfaat

Jahe

Rempah satu ini populer akan manfaatnya sebagai penghangat tubuh. Namun jahe memiliki manfaat kain karena sifatnya yaitu antiradang dan antioksidan. Jahe baik untuk meredakan mual, nyeri karena menstruasi, osteoarthritis dan meredakan flu yang disebabkan oleh mabuk perjalanan, morning sickness, dan kemoterapi.

Baca juga Si Jahe : Bangsawan Rempah-Rempah

Bawang putih

Rempah yang biasa digunakan untuk penyedap masakan ini memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang tinggi. Bawang putih dapat memperkuat imunitas tubuh, mengurangi kolesterol, menekan pertumbuhan sel kanker, sera mencegah penyakit jantung dan obesitas. Bawang putih juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan didalamnya diduga dapat membuat pembuluh darah melebar dan lebih rileks sehingga aliran darah menjadi lebih lancar dan tekanan di dalam pembuluh darah menurun.

Bawang merah

Bawang merah pun tak kalah berkhasiat dibanding temannya, bawang putih. Salah satu potensi manfaat bawang merah adalah menurunkan risiko berbagai kanker, termasuk kanker kolorektal dan lambung. Diperkirakan, sifat antikanker pada rempah ini berasal dari senyawa sulfur dan antioksidan flavonoidnya.

Vani ed NH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *