Search in:

PERAN GIZI DIBALIK KEINDAHAN RAMBUT

Setiap manusia memiliki rambut dengan karakteristik yang berbeda-beda ada yang lurus, ikal, kriting.  Bagi sebagian orang kesehatan  dan keindahan rambut sangat  penting untuk diperhatikan, karena rambutbukan hanya sebagai pelindung kepala dari berbagai hal seperti bahaya benturan/pukulan benda keras, sengatan sinar matahari, dan sebagainya,tetapi ia juga merupakan “perhiasan” yang berharga.

Permasalahan yang sering dialami masyarakat biasanya berupa rambut rontok, rambut rontok yang parah dapat menimbulkan kebotakan. Normalnya, rambut rontok setiap hari tidak boleh melebihi 70-100 rambut, tetapi menjadi masalah bila kerontokan lebih dari 100 setiap hari selama periode lebih dari beberapa minggu.

Beberapa penyebab kerontokan rambut antara lain: stress, obat-obatan, kondisi tubuh tertentu, perawatan rambut yang tidak tepat, dan pengaruh genetik atau hormonal yang menghambat siklus masa hidup rambut. Selain rambut rontok masih ada beberapa permasalahan pada kesehatan rambut diantaranya yaitu rambut kering, rambut beruban secara dini. Permasalahan pada rambut dapat dicegah salah satunya dengan memperhatikan konsumsi makanan harian kita.

Kesehatan rambut juga dipengaruhi oleh zat gizi yang dikonsumsi pada makanan sehari-hari. Beberapa zat gizi tidak dapat disintesis dalam tubuh dan hanya didapatkan dari makanan. Adapun fungsi zat gizi berkontribusi bagi tubuh dalam beberapa fungsi yaitu diantaranya penyediaan energy, pembentukan struktur dan penyediaan zat molekul penting.

Yuk kita simak zat gizi apa yang berperan dalam menjaga kesehatan rambut.

Kulit kepala manusia mengandung sekitar 100.000 folikel rambut. Dari jumlah tersebut, 90% berada dalam fase anagen, di mana tidak ada alopecia, membutuhkan elemen penting, seperti protein, vitamin, dan mineral, untuk menghasilkan rambut sehat secara efisien . Oleh karena itu, mikronutrien, termasuk vitamin dan trace mineral, merupakan komponen penting dari makanan kita.

A.PROTEIN

Asam amino sistein dam metionin merupakan prekursor sintesis protein rambut yaitu keratin. Keratin adalah elemen dasar dari pembentukan rambut. Keratin menjadi bahan utama pada batang rambut dan pelindung rambut, diproduksi di sel yang disebut keratinosit di lapisan epidermis dasar dan tanduk. Sedangkan serat keratin yang terpuntir secara spiral, yang ada di dalam batang rambut (korteks batang rambut), bertanggung jawab atas elastisitas rambut.

Keratin yang terdapat pada pelindung rambut  sehingga mempengaruhi kilau rambut, dan jika terjadi defesiensi maka rambut menunjukkan kecenderungan untuk terbagi menjadi dua bagian atau rambut bercabang. Selain keratin juga terdapat beberapa komponen lainnya diantaranya yaitu pigmen melanin (3% dari total), elemen kecil (besi, mangan, kalsium, magnesium, seng, dan tembaga selain komponen anorganik seperti fosfor dan silikon), dan lemak (1-9%, contohnya squalane, monogliserida, digliserida, trigliserida, asam lemak bebas, kolesterol, ester kolesterol, dan ester lemak). Kekurangan kandungan kimia tersebut akan menyebabkan kerontokan.

Sumber bahan makanan dari asam amino yang disebutkan di atas yaitu berupa :

Keju, yoghurt, ikan, daging (daging sapi muda, daging sapi), unggas (kalkun, ayam), biji kacang-kacangan (kedelai, lentil, buncis, kacang polong, buncis), biji-bijian ( biji labu dan bunga matahari, wijen), kacang-kacangan (pistachio, kacang tanah), produk biji-bijian. Sumber tambahan asam amino ini adalah telur, dianjurkan mengkonsumsi 2-3 butir telur per minggu.

Salah satu contoh daging ayam

B.LEMAK

Lemak yang terkandung dalam makanan berperan dalam sintesis hormon steroid (dari kolesterol) sehingga memiliki pengaruh dalam menjaga integumen rambut pada kulit. Konsumsi asam linoleat dan linolenat serta asam lemak tak jenuh ganda rantai panjang sangat penting karena zat gizi tersebut merupakan bahan penting lapisan tanduk epidermis, Defesiensi zat gizi tersebut berhubungan dengan terjadinya kerontokan rambut.

C.VITAMIN DAN MINERAL

Vitamin dan mineral memiliki peran penting dalam kesehatan rambut, berikut merupakan jenis-jenis vitamin mineral dan manfaatnya bagi rambut :

  1. Vitamin A berperan dalam mempertahankan  kelembutan dan kesehatan kulit kepala tetap terjaga
  2. Vitamin E berperan dalam kesehatan rambut dan kuku
  3. Vitamin B kompleks penting untuk mempertahankan sirkulasi dan warna rambut
  4. Vitamin C berperan dalam kekuatan, kelenturan serta menjaga rambut agar tak rusak dan bercabang
  5. Asam Folat  bertanggung jawab untuk merangsang pembangunan kembali sel folikel rambut, mencegah rambut beruban dan rontok, serta mengatur fungsi kelenjar sebum.
  6. Kalsium juga merupakan elemen yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan rambut  khususnya pada wanita dalam periode perimenopause.
  7. Zink berperan dalam pertumbuhan rambut, jika terjadi defesiensi makan dapat menekan pertumbuhan rambut, dapat menyebabkan telogen effluvium, putih tipis dan rambut rapuh dan menyebabkan rambut rontok , terutama pada wanita yang menggunakan obat diuretik
  8. Yodium berkaitan dengan fungsi kelenjar tiroid yang normal agar sintesis hormon tiroid terjaga dan tidak menurunkan kadar tiroksin bebas di dalam darah yang dapat menyebabkan rambut kusam dan ujung pecah-pecah.
  9.  Zat besi merupakan mineral penting untuk menjaga kesehatan rambut karena memengaruhi kemampuan darah untuk mengangkut oksigen dan zat makanan ke seluruh jaringan termasuk rambut dan kulit kepala.

DAFTAR PUSTAKA

Almohanna, H. M. et al. (2019) ‘The Role of Vitamins and Minerals in Hair Loss: A Review’, Dermatology and Therapy. Springer Healthcare, 9(1), pp. 51–70.

 Goluch-Koniuszy, Z. S. (2016) ‘Nutrition of women with hair loss problem during the period of menopause’, Przeglad Menopauzalny, 15(1), pp. 56–61.

Indahtul ed NH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *