Search in:

Hikmah Menggunakan Jari Saat Makan

Sebagai manusia, Rasulullah SAW memiliki kebutuhan yang sama dengan umat-umatnya dalam makan dan minum. Salah satu adab makan yang diajarkan Rasulullah adalah makan dengan menggunakan tangan. Dimana, rasulullah mencontohkan tiga jari yang digunakan makan yaitu jari telunjuk, manis, dan ibu jari kita.

“Dahulu rasulullah makan dengan tiga jari, dan menjilati tangannya setelah makan sebelum beliau bersihkan (Hr.Muslim)”

Ternyata realita kehidupan masa kini, makan menggunakan tangan sering dinilai jorok dan terkesan ketinggalan zaman. Sebenarnya apasih rahasia dibalik sunah ini? Muhammad Suhadi, Lc dalam bukunya “30 nasihat nabi sehari-hari” menyampaikan, bahwa ternyata makan menggunakan jari menyehatkan daripada menggunakan sendok. Beliau membuktikannya dengan pengujian sebagai berikut:

“Menyiapakan dua mangkuk nasi yang satu diaduk dengan tangan, dan yang lainnya diaduk dengan sendok” setelah didiamkan beberapa jam, maka akan didapati mangkuk nasi yang diaduk menggunakan tangan akan basi lebih dahulu dibandingkan dengan yang menggunakan sendok.

Apa yang menyebabkan terjadi hal di atas? Ternyata diketahui bahwa disela-sela jari tangan terdapat enzim pengurai yang memudahkan kerja alat pencernaan seperti lambung manusia”

Banyak manfaat yang didapatkan dari makan menggunakan tangan, Berikut adalah manfaat sunnah nabi ini:

1.Meningkatkan rasa kenyang

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, makan meggunakan tangan dapat meningkatkkan rasa kenyang dibanding menggunakan sendok atau garpu.

2.Mencegah penyakit diabetes

Orang dengan diabetes tipe 2 cenderung menjadi pemakan cepat yang menggunakan alat makan. Karna ada faktanya makan dengan bantuan sendok dan garpu membuat makan lebih cepat. Kondisi ini meningkatkan risiko berkembangnya diabetes tipe 2.

3.Menjadikan sensor tubuh

Makan menggunakan tangan adalah mencegah rasa terbakar pada mulut ataupun lidah. Saat kita makan dengan tangan, ujung saraf dijari akan merasakan suhu makanan terlebih dahulu. kondisi seperti ii juga memicu enzim pencernaan dan zat-zat yang tepat untuk membantu kita mencicipi makanan dengan lebih baik.

4.Membuat lebih konsentrasi pada makan

Keadaan pikiran yang tenang dan sadar memungkinkan pencernaan yang optimal dan membantu untuk tidak makan berlebihan.

Referensi:

Basri, M. Hasan (2018), Hadis tentang menjilat jari setelah makan dan implikasinya dengan kesehatan. [Masters thesis], UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Azizah ed Fathimah, S.Gz, MKM dan NH

Artikel ini tersedia dalam bahasa arab : فوائد الأكل بأصابع اليد

Artikel terkait Etika Makan – Table Manners 2019

Berbicara Ketika Makan Haram?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *