Search in:

Yuk Kenali Diet Ketogenik

Diet ketogenik merupakan pola makan dengan tinggi lemak dan rendah karbohidrat yang akan menciptakan keadaan ketosis bagi tubuh. Kondisi ketosis adalah saat tubuh menghasilkan zat keton yang berasal dari pemecahan lemak sebagai sumber energi. Metode diet ini dapat membantu mengontrol kejang pada beberapa penderita epilepsi. Epilepsi dikarakteristikan oleh risiko jangka panjang bangkitan kejang. Kejang terjadi akibat adanya gangguan pada keseimbangan antara sinyal inhibisi dan eksitasi di ssp. Pada epilepsi intraktabel, keadaan ketosis di otak dapat membuat frekuensi dan atau durasi kejang (35%) karena epilepsi menurun atau bebas kejang.

Diet ketogenik membuat tubuh membakar lemak sebagai sumber energi dan mengurangi konsumsi karbohidrat. Jumlah karbohidrat yang sedikit dalam makanan membuat hepar mengubah lemak menjadi asam lemak dan benda keton. Benda keton inilah yang akan masuk ke otak dan menggantikan glukosa sebagai sumber energi. Namun, diet ini mempunyai kekurangan yang dapat menimbulkan vitamin dan mineral defisiensi serta efek samping berupa dehidrasi, konstipasi, batu ginjal/empedu.

Diet ketogenik selain digunakan untuk diet penderita epilepsi juga digunakan untuk menurunkan berat badan dan pada pasien diabetes militus, dimana diet ketogenik dapat membantu mengurangi kadar gula darah. Total kalori yanng diberikan pada diet ketogenik disesuaikan dengan kebutuhan kalori pasien. Sumber lemak yang digunakan pada diet ini berupa mentega, krim kocok kental, mayyonaise, maupun berbagai jenis minyak-minyakan. Karena jumlah karbohidrat dan lemak pada diet ini sangat dibatasi, maka penyiapan makanan harus dilakukan dengan hati-hati.

Sumber :

Tan, E. I., Murti, K., & Irfannuddin, I. (2019). Pengaruh Diet Ketogenik Terhadap Proliferasi Dan Ketahanan Sel Pada Jaringan Pankreas. Jmj, Vol. 7 No. 1, Hal 102-116 .

Wisnu, G. N., Berawi, K. N., & Wahyudo, R. (2017). Diet Ketogenik : Terapi Nonfarmakologis Yang Menjanjikan Untuk Epilepsi. Majority, Vol.7 No. 1. Hal 118-122.

Baca juga :

Cara Diet Alami yang Benar menurut Ahli Gizi

Diet Bagi Penderita Gagal Ginjal

MENGENAL DIET DASH, DIET UNTUK HIPERTENSI

PENGEN TAU DIET SEHAT BAGI PENDERITA ASAM URAT ?

Hilda ed NH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *