Search in:

Wedang Uwuh Ramuan Sampah yang Menyehatkan

Wedang uwuh merupakan minuman khas Imogiri, yang terkenal dengan makam raja-raja. Minuman ini sangat digemari masyarakat dan diyakini memiliki berbagai sifat fungsional. Menurut masyarakat sekitar, wedang ini dulunya menjadi sajian khas para raja untuk menjamu tamunya.

Wedang uwuh dipercaya memiliki khasiat sebagai penghangat tubuh, menyembuhkan batuk ringan, loyo, pegal-pegal, nyeri, perut kembung, dan masuk angin. Antioksidan alami yang ada di wedang uwuh ini menjadikan minuman kesehatan warisan para raja Indonesia yang berpotensi sebagai minuman fungsional. Pencampuran rempah rempah dalam formulasi minuman dapat dilakukan untuk memperoleh suatu kombinasi antioksidan dengan aktivitas yang lebih tinggi dibandingkan jika hanya digunakan secara terpisah atau tunggal.

Manfaat Wedang Uwuh

Wedang uwuh terdiri dari berbagai komponen herbal yang sangat mudah dijumpai. Komponen wedang uwuh terdiri dari rimpang jahe, daun manisjangan, daun pala, daun cengkah, cengkeh, secang, dan gula batu. Masing masing komponen memiliki khasiat tersendiri. Daun manis dan cengkeh misalnya berfungsi sebagai mencegah dan mengobati kolesterol dan menurunkan tekanan darah tinggi, secang berfungis sebagai pewarna merah alami, daun pala memberikan efek rileksasi sehingga tidur akan lebih nyenyak, rimpang jahe yang berfungsi sebagai penghangat badan, dan gula batu berfungsi sebagai pemanis. Sebagian komposisi penyusunnya mengandung senyawa fenolat yang sangat aktif sebagai antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, yaitu reaksi berantai yang dapat menyebabkan penyakit degeneratif.

Wedang uwuh biasanya dibungkus dengan kemasan plastik, sehingga dapat dibawa pulang dan dijadikan oleh-oleh. Masyarakat menyajikan wedang uwuh dengan cara direbus terlebih dahulu setelah itu baru dihidangkan. Biasanya masyarakat menghidangkan minuman ini ditemani dengan jagung bakar, singkong atau ubi rebus.

sumber :

Widanti, Yannie Asri.,Nuraini, Vivi.,Ariyanto,Sidiq Dwi. 2019 .Sifat Sensoritis dan Aktivitas Antioksidan Wedang Uwuh Kelor dengan Variasi Cara Penyeduhan. Research Fair Unisri. Vol 3 No 1.

Jatmika, Septian, Emma Dwi., Kintoko., Isni, Khoiriyah. 2017. Inovasi Wedang Uwuh Yang Memiliki Khasiat untuk Penderita Hipertensi dan Diabetes Melitus. Jurnal Riset Daerah. Hal 53-71

Hilda ed NH

Baca juga Meningkatkan Imunitas Tubuh dengan Minuman Herbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *