Search in:

Mengenal Manfaat dari Ikan Gabus

Ikan gabus (Chana striata) merupakan ikan yang bersifat predator atau pemangsa ikan lainya yang lebih kecil dan merupakan ikan asli perairan Indonesia. Ikan Gabus mempunyai banyak nama seperti ikan bocek (Riau), ikan kutuk (Jawa Tengah), ikan haruan (Kalimantan), Bale salo (Bugis) dan lain-lain, Ikan gabus mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap seperti protein, lemak, serta mineral. Kandungan albumin pada ikan gabus juga dipercaya sebagai obat luka pasca operasi.

Yuk ketahui manfaat ikan gabus untuk kesehatan!

1. Kandungan Albumin

Daging ikan gabus memiliki kandungan albumin yang tinggi. Serum albumin tersebut merupakan jenis protein, terbanyak di dalam plasma yang mencapai kadar 60%. Albumin bermanfaat untuk pembentukan jaringan sel baru. Albumin dimanfaatkan untuk mempercepat pemulihan jaringan sel yang rusak akibat pembedahan atau luka. Pemberian daging ikan gabus atau ekstrak proteinnya telah dicobakan untuk meningkatkan kadar albumin dalam darah serta membantu penyembuhan beberapa penyakit.

2. Kandungan Protein dan Asam Amino

Dalam penelitian beberapa ahli, ternyata kandungan protein ikan gabus lebih besar daripada jenis ikan konsumsi lainnya, seperti lele, nila, bandeng, ikan mas, dan lain-lain. Kadar albumin ikan gabus relatif tinggi, sekitar tiga kali lipat dari ikan konsumsi lain. Asam aminonya juga sangat lengkap dan mengandung mineral seng dan trace element lain yang diperlukan tubuh.

3. Manfaat Ikan Gabus dalam Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Kandungan asam amino lysin dan prolin bermanfaat untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Asam amino Lysin berperan sebagai penurun kadar lemak dalam darah dan trigliserida, sehingga akan mengurangi Resiko stroke, Serangan jantung, penyempitan pembuluh darah, serta menurunkan kadar hemosistein dalam darah. Dengan kandungan prolin yang dikonsumsi secara teratur dapat menguatkan kembali otot-otot jantung. Kadar homosistein yang tinggi dalam darah juga tekanan darah yang tinggi merupakan faktor resiko tinggi terjadinya penyakit jantung koroner. Tingginya kadar kolesterol dalam darah juga merupakan faktor resiko tinggi penyakit jantung.

4. Manfaat Ikan Gabus untuk Menurunkan Resiko Penyakit Kanker

Mengkonsumsi ikan gabus dapat mengurangi resiko penyakit kanker karena ikan gabus mengandung zat aktif seperti zat – zat Allisin, Allil Sulfida dan Furostanol Glicosida disamping itu juga memiliki nilai asam amino yang sangat lengkap, baik esensial maupun non esensial yang sangat bermanfaat.

Fiki Husna ed NH

Baca juga Ikan Kembung, Ikan Murah Tetapi Tidak Murahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *