Search in:

Zat-Zat Gizi Memperkuat Sistem Imun

Sistem kekebalan tubuh membutuhkan nutrisi yang spesifik untuk dapat menjalankan fungsinya dengan benar. Nutrisi ini membantu dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsinya sehingga melindungi kita dari berbagai infeksi penyakit dan juga serangan bakteri maupun jamur.

Maka dari itu, sistem kekebalan tubuh perlu dijaga agar tidak melemah, apalagi pada saat pergantian musim dimana perubahan cuaca drastis membuat imun tubuh melemah. Untuk itu, anda sebaiknya mengkonsumsi makanan sehat mengandung zat gizi tertentu yang berperan dalam memperkuat sistem imun.

Sumber : https://www.rsi.co.id/

Berikut zat gizi yang berperan besar dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh :

1. Vitamin A

Food sources of beta carotene and vitamin A

 Membantu dalam pertumbuhan dan perbaikan sel maupun jaringan. Vitamin A juga membantu dalam menjaga selaput lendir tetap lembab sehingga dapat menyingkirkan kuman yang mencoba untuk masuk kedalam tubuh. Menurut hasil penelitian institut of medicine (IOM) dan sommer A et al mengungkapkan bahwa anak-anak kekurangan vitamin A berisiko menderita penyakit saluran pernafasan dan mengalami keparahan penyakit diare. Sumber vitamin A banyak ditemukan pada sayuran dan buah yang berwarna hijau atau oranye, tomat, wortel, mangga, labu, ubi jalar, brokoli,bayam, hati, kuning telur, susu, mentega, minyak ikan

2. Vitamin B

 Vitamin B terdiri dari beberapa bentuk dan yang bermanfaat dalam sistem imun adalah vitamin B12, B6, asam folat dan niasin .Studi menunjukkan bahwa asupan rutin vitamin B meningkatkan jumlah sel darah putih  yang merupakan unsur paling penting dari sistem kekebalan tubuh. Vitamin B juga memberikan energi untuk tubuh dan mempertahankan efesiensi dari sistem imun.  Sumber vitamin A terdapat pada susu, gandum, ikan, sayur-sayuran hijau, kepiting, kuning telur, kacang-kacangan, udang, keju putih.

3. Vitamin C

Vitamin C merupakan regulator aktivasi sel imun untuk mempertahankan kelangsungan hidup sel-sel imun . Vitamin C berfungsi dalam sintesis nitrit oksida yang dihasilkan makrofag, regulasi fagositosis dengan menurunkan produksi radikal bebas dan peningkatan aktivitas sel NK. Vitamin C juga meningkatkan imunitas dengan membantu dalam pembuatan interferon yaitu protein untuk kekebalan tubuh dan mempunyai peran dalam sintesa kolagen untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu juga membantu dalam memproduksi beberapa hormon anti stres. Sumber vitamin C terdapat pada jeruk, tomat, semangka, jambu, pepaya, stroberi, kiwi, blewah, paprika dan sayuran-sayuran lainnya.

4. Vitamin E

Vitamin E memiliki sifat antioksidan kuat yaang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari sejumlah infeksi penyakit peran utama vitamin E adalah untuk memberikan perlindungan terhadap radikal bebas yang berbahaya . sumber vitamin E terdapat pada kecambah, ikan salmon, labu, brokoli, daun bawang, buncis, wortel, kiwi, alpukat, tomat, udang, kacang tanah, paprika,lobak, bayam, asparagus, biji bunga matahari

Beberapa nutrisi tambahan yang memperkuat kekebalan tubuh adalah sebagai berikut :

1. Seng

Seng merupakan mineral yang meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh dan membantu dalam memerangi berbagai patogen. Hal ini memainkan peran penting dalam merangsang produksi sel-sel pembunuh infeksi penyakit yang melawan sel-sel kanker Anda dapat memperoleh selenium dari sumber makanan seperti tiram, daging merah, telur, susu, kepiting, kuning telur,  cereal, roti, kacang-kacangan, bayam, biji-bijian, jamur

2. Selenium

Merupakan mineral yang dapat meningkatkan produksi sel-sel yang membunuh sel-sel kanker. Anda dapat memperoleh selenium dari sumber makanan seperti ikan tuna,ikan salmon, udang, lobster, kuning telur, daging sapi, ayam, dan biji-bijian.

3. Besi

Peranan zat besi sangat berperan dalam sintesa hemoglobin dan terkait erat dengan masalah anemia selain itu zat besiberhubungan dengan kemampuannya dalam reaksi oksidasi dan reduksi, zat besi merupakan unsur yang sangat reaktif sehingga mampu berinteraksi dengan oksigen. Anda dapat memperoleh zat besi dari sumber makanan seperti kacang kedelai, kacang hijau, kacang merah, udang, daging sapi, telur bebek, ayam, ikan, hati sapi, bayam.

Indahtul Mufidah ed NH

Artikel terkait Meningkatkan Imunitas Tubuh dengan Minuman Herbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *