Search in:

BAHAN MAKANAN SUMBER ALBUMIN

Albumin salah satu zat gizi yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsi fisiologisnya. Beberapa bahan makanan sumber albumin banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Yuk kita ulas bahan makanan apa saja sebagai sumber albumin

Pengertian Albumin

Albumin tersusun dari asam amino dan termasuk protein lengkap yang dibangun oleh sejumlah asam amino esensial dan non esensial. Albumin memiliki fungsi penting dalam tubuh yaitu mengatur tekanan osmotik dalam kapiler dan mengangkut molekul-molekul kecil melewati plasma dan cairan ekstra sel dan mengatur regulasi pergerakan air antara jaringan dan aliran darah tetap osmosis. Secara alamiah tubuh dapat membuat albumin secara mandiri. Tubuh dapat mensintesis albumin setiap harinya sebanyak 150-250 mg albumin/kg berat badan. Sebagian besar albumin diikat oleh reticulum endoplasma, sekitar separuh ditemukan dalam mitokondria dan sebagian kecil ditemukan di nuclei dan lisosom. Albumin didistribusikan secara vascular dalam plasma dan secara ekstravaskular dalam kulit, otot dan beberapa jaringan lain.

Gambar Struktur Albumin

Pada beberapa kondisi patologis seperti penyakit hati dan ginjal, sintesis albumin mengalami penurunan. Pasien gagal ginjal kronik kehilangan 20 mg protein plasma setiap hari selama beberapa bulan dalam urun akibatnya albumin dalam tubuh turun dan menyebabkan edema. Kondisi malnutrisi berat seperti gizi buruk juga akan mempengaruhi kadar albumin dalam tubuh. Kondisi patologis lainnya yang dapat mengakibatkan konsentrasi albumin seperti hipoproteinemia dan proteinuria. Hipoproteinemia dan proteinuria disebabkan oleh kurangnya intake protein, pencernaan atau absorpsi yang terganggu dan peningkatan katabolisme protein serta hilangnya protein dalam bentuk urin.  Albumin memiliki peranan yang sangat penting ya untuk tubuh kita

Protein albumin tersusun dari asam amino dan termasuk protein lengkap yang terdiri dari dari sejumlah asam amino esensial dan non esensial. Protein yang dapat diproduksi sendiri oleh tubuh disebut dengan asam amino esensial dan protein yang tidak dapat diproduksi tubuh disebut dengan asam amino non esensial. Saat kondisi tubuh terganggu akibat dari gangguan kondisi patologis suatu penyakit akan mempengaruhi produksi asam amino esensial salah satunya yaitu albumin sehingga tubuh membutuhkan tambahan albumin dari luar tubuh. Berikut merupakan ulasan bahan makanan yang mengandung albumin yang dibutuhkan oleh tubuh kita

Bahan Makanan Sumber Albumin

IKAN GABUS

Gambar Ikan Gabus

Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang dapat kita beli di pasar tradisional ataupun modern. Kandungan protein ikan gabus cukup tinggi dibandingkan jenis ikan lain yaitu sebesar 25,2g/100 g. Adapun kandungan albumin ikan gabus sebesar 62,24 g/kg dan kandungan zink 17,41 mg/kg. Penelitian ikan gabus secara klinis terbukti dapat mempercepat penyembuhan luka pasca operasi karena pengaruh kandungan zink dan albumin pada ikan gabus. Berdasarkan penelitian  pemberian ikan gabus pada pasien pasca operasi section caesaria dapat mempercepat proses penyembuhan luka dibandingkan dengan pasien yang tidak diberikan ikan gabus. Asam amino albumin dari ikan gabus terdiri dari komponen sebagai berikut :

Jenis Asam AminoJumlah μg/mg
Finalalanin0,750
Isoleusin0,834
Leusin1,498
Metionin0,081
Valin0,866
Treonin0,834
Lisin1,702
Histidin0,415
Asam aspartate1,702
Asam Glutamat3,093
Alanin1,007
Prolin0,519
Serin1,102
Glisin0,699
Sistein0,016
Tirosin0,749

PUTIH TELUR

Gambar Putih Telur

Telur ayam bagian putih telur merupakan salah satu sumber albumin yang mudah dijumpai pada kehidupan sehari-hari. Putih telur ayam ras memiliki kandungan rata-rata protein 10,5 gram/100 g  dengan kandungan albumin 9,83 g. Secara klinis pemberian 15 g/hari pada pasien gagal ginjal terminal semalam 3-6 bulan dapat meningkatkan kadar albumin dalam serum lebih tinggi dibandingkan dengan diet tanpa diberikan putih telur. Selain itu pemberian putih telur sesuai kebutuhan (formula baxter) selama 10 hari  dapat meningkatkan kadar albumin sekitar 1,13 g/dl. Asam amino albumin dari putih telur terdiri dari komponen sebagai berikut :

Jenis Asam AminoJumlah μg/mg
Finalalanin0,750
Isoleusin0,710
Leusin0,990
Metionin0,540
Valin0,880
Treonin0,400
Lisin0,640
Histidin0,240
Asam aspartate0,920
Asam Glutamat1,570
Alanin0,570
Prolin0,380
Serin0,850
Glisin0,320
Sistein0,300
Tirosin0

        Sumber albumin dari makanan lebih dianjurkan karena harganya yang ekonomis yang dapat dijangkau oleh semua kalangan dibandingkan dengan albumin serum yang harganya relative mahal. Ikan gabus dan putih telur dapat diolah dengan berbagai jenis olahan seperti dimasak kuah, digoreng, dikukus, dibakar bahkan dapat juga dibuat camilan sehat seperti biscuit, bolu dan lain sebagainya.

Indahtul Mufidah

DAFTAR PUSTAKA

Prastowo, A., Lestariana, W., Nurdjanah, S., & Sutomo, R. (2016). Efektifitas Pemberian Ekstra Putih Telur Terhadap Peningkatan Kadar Albumin Dan Il-6 Pada Pasientuberkulosis Dengan Hipoalbumin. Jurnal Kesehatan, 9(1), 10.

Purba, T. J., & Manalu, A. B. (2020). Percepatan Penyembuhan Luka Post Operasi Sectio Caesarea Dengan Konsumsi Ikan Gabus (Channa Striata) Di Rumah Sakit Grandmed Lubuk Pakam Deli Serdang, 4(2), 55–60.

Suprayitno, E. (2017). Misteri Ikan Gabus. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *