Search in:

KENALI MANFAAT RUMPUT LAUT UNTUK KESEHATAN

Rumput laut merupakan salah satu jenis tumbuhan yang hidup di laut. Indonesia sebagai negara maritim setiap tahunnya dapat menghasilkan rumput laut mencapai 135 ribu ton. Selain itu rumput laut menjadi salah satu komenditi unggulan ekspor Indonesia ke berbagai negara. Rumput laut dapat diolah menjadi berbagai produk makanan dan juga kosmetik. Produk makanan yang banyak diperjual belikan dimasyarakat diantaranya yaitu agar-agar, rumput laut kering atau disebut dengan nori, beras rumput laut dan lain sebagainya.

Gambar Berbagai Jenis Rumput Laut

Kandungan Gizi Rumput Laut

Rumput laut mengandung beberapa komponen gizi seperti kalium, serat makanan, karotenoid (fucoxanthin), dan protein . Komponen utama rumput laut terdiri dari serat larut seperti asam alginat dan karagenan. Komponen gizi tersebut memiliki efek menguntungkan dalam menjaga stabilitas tekanan darah, lipid serum, glukosa darah, dan berat badan. Yuk kita bahas manfaat-manfaat yang di timbulkan dari konsumsi rumput laut bagi kesehatan

Kandungan Gizi Rumput Laut Mentah Per 100 g

Jenis Zat GiziJumlah
Energi41 Kal
Protein1,4 g
Lemak0,3 g
Karbohidrat8,1 g
Serat2,2 g
Kalsium80 mg
Fosfor20 mg
Besi1,6 mg
Natrium250 mg
Kalium380 mg
Sumber : Kemenkes, 2018

Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan

Rumput laut memiliki manfaat kesehatan untum mencegah terjadinya suatu penyakit maupun dapat menurunkan tingkat keparahan penyakit. Berikut merupakan beberapa manfaat rumput laut

Gambar Rumput Laut

Mencegah Hipertensi

Berdasarkan hasil uji randomized double blind placebo-control trial di Ekuador, suplementasi kapsul rumput laut sebesar 4–6 g / hari menurunkan systolic blood pressure 10,5 mmHg selama 2 bulan dibandingkan dengan kelompok yang diberikan kapsul rumput laut sebanyak 0-4 g / hari dengan penurunan 6,4 mmH

Menstabilkan Tekanan Darah Bagi Penderita Hipertensi

Berdasarkan hasil Uji silang double-blind dari 62 pasien hipertensi ringan di Swedia yang tidak diobati dengan rata-rata usia  48 tahun menunjukkan penurunan 10,1 mmHg dalam tingkat tekanan darah. Selama intervensi pasien diberikan suplemen serat rumput laut sebanyak 12 g / hari. Pasien yang diberikan suplemen serat rumput laut sebanyak 24g/hari terjadi penurunan tekanan darah sebanyak  11,1 mmHg dibandingkan dengan kelompok placebo atau kelompok tanpa perlakuan. Penelitian lain di Jepang menunjukkan bahwa tingkat diastolic blood pressure pada pasien hipertensi Jepang menurun 8 mmHg setelah pengobatan dengan 5 g bubuk wakame / hari selama 8 minggu.

Menstabilkan Gula Darah Bagi Penderita Diabetes Miletus

Sebuah penelitian uji coba terkontrol acak yang mempelajari 20 pria dan wanita dengan diabetes mellitus menunjukkan bahwa kelompok intervensi yang diberikan suplemen rumput laut kering 48 g / hari selama 4 minggu mengalami penurunan kadar glukosa darah postprandial, trigliserida, dan kolesterol LDL dibandingkan dengan kelompok kontrol. Percobaan lain yaitu randomized crossover trial pada 26 responden di Jepang yang mengalami diabetes miletus. Intervensi yang diberikan berupa konsumsi 200 g beras dengan 4 g rumput laut kering menunjukkan kadar glukosa darah dan insulin yang lebih rendah pada 30 menit setelah makan dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Menstabilkan Berat Badan Bagi Penderita Obesitas

       Sebuah studi double-blind, yang dilakukan di Denmark pada 80 uisa dewasa 20-55 tahun dengan obesitas. Intervensi selama 12 minggu dengan diet rendah energi ditambah 500 mL air natrium alginat (15 g serat ) dari rumput laut diberikan sebelum makan utama harian. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya penurunan berat badan dibandingkan dengan plasebo (-6,78 kg versus -5,04 kg). Pemberian kapsul rumput laut bubuk (wakame) 4–6 g / hari, dibandingkan dengan kapsul rumput laut bubuk 0–4 g / hari, mengurangi lingkar pinggang lebih banyak (−5,5 cm versus −3,1 cm selama 2 bulan) pada wanita Jepang.

Indahtul Mufidah

DAFTAR PUSTAKA

Kemenkes (2018) Table Komposisi Bahan Pangan Indonesia. Jakarta.

Murai, U. et al. (2020) Impact of seaweed intake on health, European Journal of Clinical Nutrition. Springer US.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *