Search in:

Ragam Olahan Rumput Laut

       Rumput laut merupakan tanaman jenis alga yaitu ganggang multiseluler golongan divisi thallophyta. Secara umum rumput laut yang dapat dimakan adalah jenis ganggang biru (cynophycaea), ganggang hijau (chlorophyceae), ganggang merah (rodophyceae) atau ganggang coklat (phaeophyceae). Jenis rumput laut yang banyak dibudidayakan di Indonesia diantaranya yaitu Euchema cottonii, spinosum dan gracelaria sp.

Beberapa olahan rumput laut

Rumput laut memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan untuk itu perlu dibuat berbagai olahan makanan untuk menciptakan cita rasa rumput laut yang lezat. Berikut merupakan beberapa olahan rumput laut :

Mie Rumput laut

Gambar Mie Rumput Laut

       Mie merupakan salah satu makanan yang banyak dikonsumsi masyarakat, banyak ditemukan berbagai jenis olahan mie seperti mie ayam, mie kocok bandung, bakmie jawa, mie pedas dan lain sebagainya. Mie dibuat dari tepung terigu yang dikombinasikan dengan beberapa bahan lain salah satunya yaitu rumput laut yang kemudian nantinya disebut dengan mie rumput laut. Bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan mie rumput laut terdiri dari 500 gram rumput laut, 1000 gram tepung terig, 2 butir kuning telur, 10 gram garam dan 250 gram air. Pembuatan mie dibagi menjadi beberapa tahapan yaitu pencampuran dan pembuatan adonan, pelempengan atau pemipihan, pencetakan dan pengukusan

Beras Analog Rumput Laut

Gambar Beras Analog

       Beras analog disebut juga dengan beras tiruan dengan bentuk menyerupai beras pada umumnya. Beras analog dibuat melalui beberapa tahapan yaitu formulasi,prekondisi, ekstrusi, kemudian dilanjutkan dengan pengeringan menggunakan oven yang bertujuan untuk mengurangi kadar air hingga dibawah 15 persen agar memiliki umur simpan yang panjang. Selama proses pembuatannya, beras analog dapat dikombinasikan dari jenis beberapa bahan pangan untuk mendapatkan komposisi diinginkan. Rumput laut dengan kandungan seratnya dapat dijadikan salah satu bahan untuk beras analog. Komponen utama dalam beras analog merupakan bahan yang kaya akan karbohidrat. Komposisi lainnya dari beras analog seperti pati,serat, lemak, air, bahan pengikat, serta bahan tambahan lain yang bersifat opsional, seperti pewarna, flavor, dan antioksidan.

Selai Rumput Laut

Gambar Selai

       Roti tawar putih akan lebih nikmat jika dimakan bersama dengan selai. Produk selai biasanya dibuat dari beberapa jenis buah-buahan seperti selai strawberry, nanas, blueberry dan lain sebagainya. Rumput laut juga dapat diolah menjadi selai untuk meningkatkan konsumsi serat. Cara pembuatan selai dimulai dengan mencampurkan bahan-bahan yang telah dihancurkan dan gula, dengan atau tanpa penambahan air.  Ciri-ciri selai yang berkualitas dapat dilihat dari beberapa ciri fisik diantaranya adalah konsistensi, warna cemerlang, tekstur lembut, tidak mengalami sineresis (keluarnya air dari gel), dan selama penyimpanan tidak mengalami kristalisasi. Bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan selai rumput lait terdiri dari rumput laut kering (e. cottonii) kadar air 32%, 400gr ,  nanas 400 gr gula pasir 600gr,  asam sitrat 4gr, garam 4gr, dan pewarna makanan (foodgrade) 2 sdm. Cara pembuatan selai rumput laut diawali dengan melakukan perendaman terhadap rumput laut dengan air dingin selama 48 jam, mengahaluskan nanas yang sudah dikupas dan juga rumput laut dengan blander lalu dimasukkan dalam panci yang sudah dipanaskan. Maukkan gula pasir aduk hingga rata dan tambahkan air secukupnya panaskan hingga mendidih. Tambahkan asam sitrat dan pewarna makanan, aduk-aduk merata.

Yogurt Rumput laut

Gambar Yogurt

       Yogurt sebagai salah satu jenis produk susu yang banyak digemari oleh masyarakat, yogurt dapat langsung dikonsumsi maupun dikombinasikan dengan menu lain seperti salad, smothies dan makanan lainnya. Pembuatan yogurt rumput laut diawali denganmemanaskan susu sapi segar, susu kim, gula, esen tetes dan gelatin pada suhu 90ºC selama 10 menit, kemudian didingin-anginkan hingga 45ºC, campurkan bakteri starter L. bulcaricus dan S. thermophillus (1:1)dan diinkubasi pada suhu 45ºC selama 5 jam. Setelah diinkubasi tambahkan bubuk rumput laut dan inkubasi lagi hingga 3 hari pada suhu 4 o C.

       Menarik sekali berbagai olahan rumput laut untuk bisa dicoba di rumah, selamat menikmati hidangan rumput laut

Indahtul Mufidah

DAFTAR PUSTAKA

Budi, F. S., Hariyadi, P. dan Budijanto, S. (2013) Teknologi Proses Ekstrusi untuk Membuat Beras Analog, Pangan, 22(3), pp. 263–274.

Gomez-Zavaglia, A. et al. (2019) The potential of seaweeds as a source of functional ingredients of prebiotic and antioxidant value, Antioxidants, 8(9). doi: 10.3390/antiox8090406.

Husni, A., Madalena, M. dan Ustadi, U. (2015) Aktivitas Antioksidan Dan Tingkat Penerimaan Konsumen Pada Yoghurt Yang Diperkaya Dengan Ekstrak Sargassum Polycystum, Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 18(2), pp. 108–118.

Wibowo, L. S. (2015) Analisis Kelayakan Usaha Pembuatan Mie Rumput Laut ( Eucheuma cottonii ) Studi Kasus Di Desa Tihengo Kabupaten Ponelo Kepulauan, Gorontalo Utara’, Jtech (Jurnal Technopreneur), 3(1), pp. 48–54.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *