Search in:

Mengenal Menu Makanan Saat Diluar Angkasa Untuk Astronot

Seseorang dapat disebut sebagai astronot bila sudah memenuhi pelatihan penerbangan antariksa untuk memimpin, menerbangkan, atau jadi awak pesawat antariksa dan sudah memiliki kemampuan khusus untuk menjalankan alat-alat yang berhubungan dengan penerbangan antariksa. Astronot merupakan pekerjaan dengan tantangan berat, yaitu harus bisa bertahan hidup dan beradaptasi dengan lingkungannya di orbit bumi dalam kurun waktu tertentu sehingga kebutuhan penting sehari-hari perlu diperhatikan salah satunya yaitu rutinitas makan. Pemenuhan makanan bagi para astronot perlu diperhatikan mengingat kegiatan yang dilaksanakan cukup kompleks. Rutinitas yang biasa dilakukan oleh astronot akan menetap di stasiun luar angkasa atau International Space Station dan mengambil bagian dalam kegiatan penelitian dari suatu misi tertentu.

Beberapa makanan dapat mencemari udara sekitar atau mengotori peralatan karena dipengaruhi oleh gaya berat mikro seperti makanan dalam bentuk serbuk. Pemilihan bahan makanan bagi para astronot juga perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya pencemaran lingkungan sekitar. Makanan para astronot diluar angkasa dikemas layaknya makanan para militer dengan menggunakan. tas kunci zip, kantong retort, dan kaleng karena bobotnya yang ringan, ukurannya yang ringkas, dan segel kedap udara, yang mencegah pembusukan. Makanan yang disajikan di stasiun luar angkasa disajikan dalam bentuk kering, pasta dan langsung dimakan dari tabung.

Gambar Situasi Makan Di Stasiun Luar Angkasa

Kriteria makanan yang disajikan diluar angkasa

  1. Bentuk makanan dianjurkan untuk dikemas secara Ringkas karena persediaan Ruang di stasiun luar angkasa sangat terbatas
  2. Berat makanan dibuat ringan karena Mengirim barang ke orbit sangat mahal.
  3. Menu Makanan yang dipilih adalah makanan dengan padat gizi dan dapat memberikan dampak kesehatan bagi para astronot
  4. Menu makanan yang dibuat harus memperhatikan preferensi rasa sehingga dapat menimbulkan sensasi lezat. Hal tersebut dipengaruhi oleh ndera perasa astronot berkurang dalam gayaberat mikro.
  5. Menu makanan sebaiknya dibuat lengket atau basah dengan tidak adanya gravitasi, remah-remah dan partikel dapat mengapung bebas.
  6. Makanan yang dikirim ke luar angkasa hendaknya Diproses atau dipasteurisasi. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan daya simpan makanan sampai misi perjalanan dapat terselesaikan

Siklus menu makanan di stasiun luar angkasa

Siklus menu yang digunakan adalah siklus menu 8 hari terdiri dari tiga kali makan dan satu kali snack sehari. Bumbu masakan seperti garam dan merica tersedia tetapi hanya dalam bentuk cair karena astronot tidak bisa menaburkan garam dan merica pada makanan mereka di luar angkasa. Tanpa gaya gravitasi garam dan merica akan hanyut begitu saja.

Kebutuhan gizi para astronot

Ahli gizi memastikan makanan yang dimakan astronot sesuai pemenuhan gizi seimbang sehingga asupan zat gizi makro dan mikro dapat tercapai. Jumlah rata-rata kalori yang diberikan pada astronot berkisar antara 1900 dan 3200 kalori per hari. Jumlah kalori dipengaruhi oleh postur tubuh, jenis kelamin dan kebutuhan khusus. Misalnya, wanita bertubuh kecil hanya membutuhkan sekitar 1.900 kalori per hari, sedangkan pria bertubuh besar membutuhkan sekitar 3.200 kalori.

Gambar Contoh Aneka Makanan Yang Disajikan Di Stasiun Luar angkasa

Makanan yang dimakan dibagi menjadi 4 kelompok yaitu

Makanan segar

Bahan makanan dengan masa simpan dua hari seperti buah dan sayuran didinginkan di dalam pesawat ruang angkasa dan dikonsumsi dengan cepat untuk menghindari pembusukan.

Makanan iradiasi

Daging dan produk susu telah diawetkan  dalam teknologi radiasi sebelum dilakukan pengemasan. Ini meningkatkan umur simpan dan mengurangi risiko yang terkait dengan kontaminasi mikroba.

Kelembaban sedang

Makanan yang dibuat seminimal mungkin mengandung air untuk membatasi pertumbuhan mikroba. Proses seperti penggaraman atau pengeringan matahari digunakan dalam pembuatan mengurangi kelembapan.

Makanan Alami

Makanan seperti kacang-kacangan, biskuit, dan cokelat batangan dikemas sederhana dan siap untuk dimakan.

Untuk menambah variasi menu standar di stasiun luang angkasa internasional , anggota kru juga dapat meminta beberapa makanan favorit atau makanan khas budaya mereka , asalkan sesuai dengan lingkungan stasiun. Makanan segar dapat dikirimkan secara berkala ke Stasiun dengan kapal kargo.

Indahtul Mufidah

DAFTAR PUSTAKA

Hollingham, R. (2019). Apa yang dimakan para astronaut di luar angkasa? diakses dari www.bbc.com diakses pada tanggal 25 Juli 2021

Canadian Space Agency. (2019). Eating in space diakses dari /www.asc-csa.gc.ca diakses tanggal 25 Juli 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *