Search in:

Kunjungan Gudeg Kaleng Bu Tjitro

Setelah dari Catering semester 5 Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Darussalam Gontor didampingi oleh 1 dosen pembimbing dan 2 tenaga kependidikan melanjutkan kunjungan industry pangan kepabrik produksi Gudeg kaleng Bu Tjitro 1925.

1. Sejarah Gudeg Kaleng Bu Tjitro:

Gudeg Bu Tjitro ialah Warisan Kuliner Nusantara yang memiliki cita rasa tinggi. Industri gudeg Bu Tjitro ini berdiri pada tahun 1925. Seiring berjalannya waktu pada tahun 2009 industri ini bekerja sama dengan Laboratorium LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) mulai mengembangkan produksinya dengan mencoba menginovasikan produknya dengan meluncurkan produk gudeg yang dikalengkan untuk meningkatkan daya simpan dan daya jual produk dengan prinsip tanpa mengurangi cita rasanya, tanpa MSG dan tanpa bahan pengawet.

Pada kegiatan ini seluruh peserta kunjungan industry mendapatkan kesempatanz untuk mengunjungi dan melihat secara langsung kegiatan produksi gudeg kaleng Bu Tjitro dari mulai proses penyimpanan bahan, proses produksi pengolahan, karantina produk hingga pelabelan dan packaging produk.

2. Proses Produksi Gudeg Kaleng Bu Tjitro:

Proses produksi gudeg kaleng bu tjitro 1925 dilakukan setiap hari dengan melakukan penjadwalan produksi untuk setiap varian rasa. Setiap harinya gudeg kaleng Bu Tjitro 1925 memproduksi kurang lebih 650-1200 kaleng per-hari dengan berbagai varian rasa untuk didistribusikan ke hampir keseluruh wilayah Indonesia.

3. Varian Rasa Gudeg Kaleng Bu Tjitro:

Varian rasa gudeg kaleng bu tjitro 1925 diantaranya rasa original, pedas, blondo dan rendang. Gudeg Kaleng Bu Tjitr1925 sudah tersertifikasi BPOM dan Halal MUI sehingga aman untuk dikonsumsi. Selain menjaga kualitas dan mutu produk, selama proses produksi juga sangat memperhatikan hygiene sanitasi peralatan masaknya.

Pembersihan alat-alat dilakukan setiap hari sebelum dan setelah proses pemasakan gudeg dan pengolahan limbah bahan basah di sedot menggunakan tengki, untuk limbah kering
melalui pembakaran sampah.

4. Tujuan Kunjungan

Kegiatan kunjungan industry pangan di gudeg kaleng bu tjitro 1925 bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan dibidang teknologi pangan, dan penyelenggaraan makanan dan manajemen quality Control.

  • Mahasiswa diharapkan seluruh mahasiswa mengetahui dan memahami secara detail kegiatan proses pengolahan dan produksi pada sebuah perusahaan dan Industri pangan yang meliputi proses penerimaan,
  • Mahasiswa diharapkan dapat memilih bahan baku, pengolahan, pengemasan, penyimpanan dan distribusi produk dan pengawetan produk, terutama pengawetan dengan metode pengalengan makanan.

Ichda, Ladyamayu ed NH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *