Search in:

Kunjungan ke Healthyplateyk Catering

Kamis, 28 Oktober 2021 Mahasiswi semester 5 Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Darussalam Gontor melakukan kunjungan rumah produksi Healthyplateyk Catering di Sukoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Healthyplateyk Catering didirikan pada tahun 2018 oleh seorang teknolog pangan ibu Pakartian Ayu Sugmana, S.TP, MPH yang merupakan owner dari Healthyplateyk Catering ini.

1. Sejarah Healthyplateyk Catering

Pada awalnya catering ini hanya melayani catering untuk ibu dan anak saja dengan berkolaborasi dengan klinik-klinik ibu dan anak di daerah DIY. Tahun 2019, catering ini juga berkolaborasi dengan salah satu gym atau pusat olahraga di daerah Yogyakarta untuk melayani catering fat loss dan peningkatan masa otot. Nama catering ini awalnya masih mengikuti nama gym tersebut.

Seiring berjalannya waktu Healthyplateyk Catering memperbaiki sumber daya manusia dan system marketingnya. Melihat banyaknya kebutuhan konsumen dalam pemenuhan diet di masa pandemic pada bulan Juli tahun 2021 healthyplateYK Catering telah memiliki Sumber Daya Manusia  dan system marketing yang focus pada pelayanan catering diet dengan pendampingan Ahli Gizi. Sumber daya manusia di healthyplateyk Catering meliputi chef, staff produksi, staff marketing, ahli gizi, bagian keuangan dan kurir. Registered Nutrisionist di catering ini adalah Ibu Ratna Kusuma Ningrum, S.Gz.

Catering ini dapat memenuhi kebutuhan dan permintaan klien yang bervariasi setiap individu. Proses pemberian diet dan konsultasi gizi dilakukan sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak antara klien dan tim healthyplateyk Catering. Selama proses pengolahan kerjasama antara chef, staff produksi dan ahli gizi terus dilakukan untuk mendapatkan hasil akhir masakan yang sesuai dengan standar kebutuhan klien.

Penggunaan bahan subtitusi yang lebih rendah kalori serta menggunakan penyedap non MSG menjadi standar operasional utama di catering ini.  Penentuan menu di catering ini dilakukan oleh teknolog pangan, chef dan ahli gizi. Master menu yang dimiliki oleh catering ini sebanyak lebih dari 50 macam menu yang terdiri dari menu harian dan menu special. Penentuan menu dan proses pengolahan makanan dikatering ini dilakukan teliti.

Seluruh peserta mendapatkan wawasan dan gambaran langsung system manajemen penyelenggaraan rumah produksi catering diet yang sesuai dengan standar di Healthyplateyk Catering. Seluruh peserta kunjungan dapat berdiskusi dan berbagi pengalaman langsung bersama owner dan ahli gizi catering tersebut.

2. Tujuan ke Healthyplateyk Catering

Kegiatan mahasiswa gizi kunjungan ke rumah produksi Healthyplateyk Catering bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan dibidang manajemen system penyelenggaraan, kewirausahaan gizi (Nutripreneur) dan manajemen quality Control.

Setelah melakukan kunjungan ini diharapkan seluruh mahasiswa mengetahui dan memahami secara detail kegiatan system manajemen penyelenggaraan makanan, terutama manajemen penyelenggaraan catering diet yang didamping langsung oleh ahli gizi dalam penentuan menunya.

Selain itu, diharapkan seluruh mahasiswa juga memahami dan mengetahui peran ahli dibidang system dan manajemen penyelenggaraan makanan dan kewirausahaan gizi (Nutripreure)

Ichda, Ladyamayu ed NH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *