Search in:

Tips Memilih Telur Baik

Telur adalah sumber protein hewani yang paling murah namun dengan kandungan gizi yang cukup tinggi, tidak salah lagi jika telur menjadi bahan makanan yang banyak dicari oleh semua lapisan masyarakat untuk memenuhi salah satu kebutuhan gizi sehari hari.

Umumnya Telur yang banyak beredah dipasaran memiliki kualitas yang beragam, jika kita dapati di supermarket atau toko swalayan lainnya telur yang dijual mempunyai penampakan yang apik dengan harga yang cukup menguras kantong tentunya. Namun jangan salah, kita juga bisa kok memilih telur kualitas baik juga dipasaran dengan harga yang lebih terjangkau.

Mau tahu caranya?

1.Memilih telur dengan cangkang yang utuh tidak retak

Ya, memilih telur dari kerabang dapat menjadi alternative untuk melihat kualitas telur yang kita beli, pilih telur dengan penampakan kerabang berwarna merata tanpa ada retakan dan kotoran yang menempel pada permukaan, hindari memilih telur yang terdapat warna putih dipermukaan kulit telur kotor dan retak.

2. Masukkan telur dalam air

Jika anda mendapati tulisan ini setelah anda membeli telur jangan risau ada cara lain untuk melihat kualitas telur yaitu dengan masukkan telur kedalam wadah berisi air dan lihat apakah telur tenggelam kedasar air atau mengambang semakin tenggelam telur maka kualitas telur juga semakin baik dan begitu pula sebaliknya, semakin mengambang telur kepermukaan semakin berkurang pula kualitas telur yang anda miliki.

Cara ini menjadi cara yang paling baik diantara pemilihan telur dari cangkangnya dikarenakan semakin lama telur disimpan semakin banyak pula rongga udara yang masuk dalam cangkang telur sehingga mengakibatkan telur mengambang dipermukaan.

Setelah ini jangan sampai salah memilih telur ya pilihlah telur terbaik untuk mendapatkan gizi yang baik pula.

Sumber : Cara Pintar Pilih Pangan Asal Hewan, Balai Pengujian Mutu dan Pangan Sertifikasi Produk Hewan.

Maftuha Rahmatul Ilmi ed NH

Artikel terkait Tips Menyimpan Telur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *