Search in:

Segudang Manfaat Bawang Merah

Bawang merah merupakan salah satu komponen penting dalam masak-memasak. Di Indonesia, bawang merah selalu digunakan hampir semua masakan tradisional menggunakan bahan satu ini.

Manfaat Bawang Merah:

1. Sebagai Penyedap Rasa Alamiah

Bawang merah mengandung senyawa asam glutamat yang mana sebagai penguat rasa alamiah (natural essence) menyebabkan masakan menjadi enak dan lezat.

2. Sebagai Obat-obat Tradisional

Umbi bawang merah mengandung senyawa propil disulfida dan propil metil disulfida yang menguap, menimbulkan aroma dan mengundang selera. Umbi bawang merah ini secara alami juga mengandung minyak atsiri, sikloaliin, metilaliin, dihidroaliin, kaemferol, kuersetin, dan floroglusin yang bisa digunakan pengobatan tradisional sebagai tekanan darah tinggi, sembelit, luka bisul pada kulit, penurun panas, dan masuk angin.

3. Sebagai Antikanker dan ANtibiotik Alami

Kandungan aktif sulfur yang terdapat pada bawang merah mempunyai peranan sangat penting daam membentuk komponen bioaktif seperti allisin dan alliin yang sangat berguna bagi kesehatan manusia.

Sulfur ini sangat berguna menurunkan kolesterol di dalam darah, menurunkan risiko stroke, aterosklerosis dan antitrombosis, anti agregrasi platelet.Alliin digunakan sebagai antibiotik alami. Sedangkan allisin berguna sebagai meningkatkan produksi antioksidan tubuh untuk menangkal serangan radikal bebas yaitu glutation peroksidase dan katalase.

Selain sebagai antibiotik dan antikanker, senyawa ini juga dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit serangan jantung dan stroke.

Referensi :

Prof. Dr. Ir. Made Astawan, S.S. 2020. Sehat dengan Rempah dan Bumbu Dapur. PT Buku Kompas.

NH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *