Search in:

Segudang Manfaat Jeruk Nipis

Jeruk nipis yang memiliki rasa asam yang luar biasa, karena itu meskipun disebut buah jeruk ini berbentuk kecil dan biasanya tidak dikonsumsi begitu saja. Tetapi digunakan sebagai minuman atau bahan campuran ke dalam masakan.

Menurut Departemen pertanian Amerika Serikat (USDA), satu buah jeruk nipis dengan diameter 2 inci mengandung:  20 kalori  22 miligram kalsium  12 fosfor 68 miligram kalsium 19,5 miligram vitamin C atau sekitar 20% – 25% dari nilai harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa. 

Manfaat jeruk nipis :

1. Untuk merawat kecantikan

Jeruk nipis memiliki kaya akan vitamin c sehingga baik digunakan untuk merawat kecantikan dan mencegah penuan dini.

Caranya dengan dijadikan masker :

  • Siapkan jeruk nipis, potong kemudian peras jeruk nipis ke kapas atau wadah.
  • Oleskan masker jeruk nipis pada wajah sampai leher diamkan selama 5 menit.
  • Bilas menggunakan air hangat kemudian keringkan wajah.

2. Untuk Mencegah Stroke dan sebagai antioksidan

Karena vitamin yang satu ini memiliki fungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan yang digoreng ataupun dipanggang, maka baik untuk mengonsumsi jus jeruk nipis setelah makan steak, ayam panggang atau ayam goreng.

Menurut penelitian pada The Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization (2003) mengonsumsi buah dari golongan citrus seperti jeruk nipis dapat mengurangi risiko penyakit stroke hingga 19%.

3. Untuk Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Jeruk nipis juga mengandung serat pangan (dietary fiber) yang cukup baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan karena mampu menurunkan waktu transit, yaitu waktu yang dibutuhkan makanan sejak dari rongga mulut hingga sisa makanan dikeluarkan dalam bentuk fases.

Jeruk nipis harus dimakan dalam keadaan segar. Bila dikonsumsi 100gr dalam bentuk jus hanya memenuhi 2% dari kebutuhan tubuh akan serat pangan setiap hari. Tetapi bila dimakan dalam keadaan utuh, 100 gr jeruk nipis dapat memenuhi 11% kebutuhan serat pangan.

4. Untuk Melangsingkan Tubuh

Asam pada jeruk nipis juga dapat berguna untuk melangsingkan tubuh,. Namun harus dibantu dengan olahraga yang seimbang dan mengendalikan asupan makanan.

5.Untuk Membersihkan Nikotin pada Gigi

Kadar asam pada jeruk nipis juga dapat membantu membersihkan nikotin yang terdapat pada gigi dan mulut perokok.

6. Untuk Menghilangkan Bau Amis pada Ikan

Jeruk nipis juga dapat digunakan bau amis pada ikan. Selain itu, Kandungan asamnya juga dapat melunakkan daging. Karenanya, sebelum digoreng atau dipanggang, teteskan air jeruk nipis pada ikan atau daging.

Tips memilih jeruk nipis

Jeruk nipis yang baik dapat dilihat warna dan tekstur kulit buahnya dan memiliki ciri bentuk yang bulat, licin, mengkilat, dan berkulit tipis. Kalau dipegang tangan terasa empuk dan lunak. Semakin tipis kulit jeruk nipis semakin banyak kandungan air buahnya. Disarankan untuk memilih yang warna hijau kekuningan karena masih meiliki rasa yang kuat.

Referensi :

dr. Sienny Agustin. 2021. 5 Rahasia di Balik Kebaikan Masker Jeruk Nipis. Diakses pada tanggal 12 Juli 2022.

Prof. Dr. Ir. Made Astawan, S.S. 2020. Sehat dengan Rempah dan Bumbu Dapur. PT Buku Kompas.

Baca juga Panic Buying Vitamin C di Masa Pandemic

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *