Search in:

Praktikum Penilaian Status Gizi

Apa sih Praktikum Penilaian Status Gizi itu? Yuk kita kenalan dengan Penentuan Status Gizi di bawah ini.

Pengertian Status Gizi

Menurut Kemenkes RI dan WHO status gizi merupakan keadaan yang diakibatkan oleh keseimbangan antara asupan zat gizi dari makanan dengan kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk metabolisme.

Penilaian status gizi merupakan landasan untuk memberikan asuhan
gizi yang optimal kepada pasien. Dengan pemberian zat gizi yang sesuai
dengan kebutuhan pasien secara optimal atau dengan upaya pemenuhan
kebutuhan pasien secara optimal atau dengan upaya pemenuhan yang sebaikbaiknya. (Naskah Pelatihan Latihan Nutirisi RS, 1995).

Setiap individu membutuhkan asupan zat gizi yang berbeda antar individu, hal ini tergantung pada usia, jenis kelamin, aktivitas dalam sehari, berat badan orang tersebut dan lainnya. Keseimbangan antara asupan dan kebutuhan zat gizi sangat berpengaruh pada status gizi seseorang.

Penilaian status gizi dibagi menjadi dua:

Penilaian status gizi pada individu terdiri atas penilaian status gizi secara langsung dan tidak langsung.

1. Penilaian Status gizi secara langsung

Penilaian status gizi secara langsung terdiri atas empat penilaian yaitu antropometri, klinis, biokimia dan biofisik.

2. Penilaian status gizi tidak langsung

Penilain status gizi secara tidak langsung yaitu survei konsumsi makanan, data statistik yang berkaitan terkait nutrisi dan faktor ekologi.

Penilaian status gizi merupakan skill dasar yang harus dimiliki oleh seorang nutrisionist, sehingga mahasiswa akan mendapatkan materi dan praktek pada mata kuliah ini. 

Setelah dilakukan praktek penilaian status gizi maka diadakan ujian praktek mata kuliah penilaian status gizi untuk mengetahui sejauh mana kemampuan mahasiswa.

Ujian praktikum penilaian status gizi dilakukan dengan 4 pos yang harus dilalui, pada setiap pos mahasiswa diminta menyelesaikan perintah yang telah ditentukan dalam kurun waktu 10 menit. Hasil skor yang didaptkan merupakan akumulasi dari semua step pengukuran atau penilaian yang telah dilakukan mahasiswa. Jika dalam ujian ini mahasiswa dinyatakan blm lulus maka wajib hukumnya bagi mahasiswa untuk mengikuti ujian ulang pada jadwal selanjutnya.

Ardhiani ed NH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *